Kombinasi dari dua factor produksi yang memberikan hasil yang paling

Berikut ini adalah pertanyaan dari Andry5645 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Kombinasi dari dua factor produksi yang memberikan hasil yang paling maksimum yang dapat diproduksi dalam perekonomian adalah

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kombinasi dari dua faktor produksi yang memberikan hasil yang paling maksimum yang dapat diproduksi dalam perekonomian adalah kurva isoquant. Kurva isoquant merupakan kurva yang menunjukan bagaimana kombinasi dari faktor produksi mampu menghasilkan ouput yang maksimal.

Pembahasan:

Kurva isoquant (iso berarti sama dan quant berarti kuantitas) merupakan kurva yang menunjukkan semua input produksi yang mampu menghasilkan kuantitas output yang sama. Artinya, jika semua faktor input (produksi) digunakan secara efektif, maka akan menghasilkan output yang maksimal. Ciri-ciri utama dari kurva isoquant adalah berbentuk garis melengkung yang bergerak dari kiri atas ke kanan bawah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin ke kanan atau ke atas kurva, maka tingkat output akan semakin tinggi.

Selain kurva isoquant, terdapat juga pasangannya yakni kurva isocost. Kurva isocost (iso berarti sama dan cost berarti biaya) yang sering disebut sebagai garis anggaran belanja, merupakan kurva yang menunjukkan sejumlah kombinasi faktor produksi yang bisa dibeli dengan harga berlaku, sesuai dengan cost yang tersedia. Kurva isocost biasa digunakan sebagai batasan biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam melakukan produksi. Kurva isocost berbentuk garis lurus yang bergerak dari kiri atas ke kanan bawah.

Kurva isoquant dan kurva isocost saling bersinggungan, dimana titik singgung akan menunjukkan kondisi optimal. Artinya, perusahaan dapat memperoleh hasil maksimal dengan menetapkan biaya tertentu.

Pelajari Lebih Lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi mengenai kurva isoquant di link berikut yomemimo.com/tugas/13435359?source=quick-results&auto-scroll=true&q=kurva%20isoquant

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22