Akuntansi memiliki definisi yang sangat beragam. Salah satu definisi yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari NoviaHesty3620 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Akuntansi memiliki definisi yang sangat beragam. Salah satu definisi yang diberikan oleh para ahli tentang Akuntansi sebagai seperangkat pengetahuan, Secara garis besar, Akuntansi memiliki dua cabang utama, yaitu Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen. Jelaskan tiga hal pokok yang menjadi tujuan umum sistem akuntansi manajemen! Akuntansi kos berperan dalam menghasilkan informasi yang diperlukan oleh perusahaan. Jelaskan apa yang Anda pahami tentang perbedaan Kos, Biaya dan Rugi!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Akuntasi Manajemen memiliki tiga hal pokok yang perlu diperhatikan, dimana ketiganya merupakan tujuan umum dari sistem akuntasi manajemen. ketiga tujuan itu, adalah Menyediakan informasi cara menghitung harga pokok penjualan, menentukan biaya produksi atau objek lainnya yang ditentukan oleh manajemen, menyediakan informasi pencatatan transaksi keuangan untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan; menyediakan informasi jenis-jenis laporan keuangan untuk pengambilan keputusan.

Pembahasan:

Akuntasi Manajemen memiliki tiga tujuan umum, yaitu:

  1. Menyediakan informasi cara menghitung harga pokok penjualan, menentukan biaya produksi atau objek lainnya yang ditentukan oleh manajemen. karena itu, akuntansi ini menyediakan informasi mengenai perhitungan biaya untuk mengevaluasi keputusan guna meningkatkan produktivitas dan keuntungan, serta menurunkan biaya.
  2. Menyediakan informasi pencatatan transaksi keuangan untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan. karena itu, informasi ini dibutuhkan guna mengidentifikasi peluang kesalahan untuk diperbaiki, dan mengevaluasi kemajuan.
  3. Menyediakan informasi jenis-jenis laporan keuangan untuk pengambilan keputusan. karena itu, pengambilan keputusan dalam sebuah usaha merupakan hal yang sangat penting, karena dapat menentukan keberhasilan, baik itu menentukan strategi atau keptusan lainnya.

Kemudian, dalam sebuah usaha pasti sudah tidak asing dengan istilah kos, biaya, dan rugi. dimana, ketiganya memiliki perbedaan, yaitu:

  1. Kost (cost) adalah nilai kas yang harus dikeluarkan untuk mendapat aktiva, barang atau jasa dengan harapan akan menghasilkan manfaat.
  2. Biaya (expense) adalah kos yang telah dimanfaatkan untuk memperoleh pendapatan.
  3. Rugi (lost) adalah berkurangnya aktiva tanpa memperoleh manfaat atau bisa juga dikatakan sebagai keadaan dimana pengeluaran lebih besar dari pendapatan.

Pelajari lebih lanjut:

Materi akuntansi pada yomemimo.com/tugas/49813045

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 21 Aug 22