perbedaan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan

Berikut ini adalah pertanyaan dari LegendsBrian76521 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Perbedaan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Beda harga pokok produksi dengan harga pokok penjualan adalah

Harga pokok penjualan merupakan mencakup biaya yang dibebankan dalam proses produksi barang, sedangkan harga pokok produksi merupakan penentu harga jual yang mencakup biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh aktiva dari proses produksi.

Pembahasan

Harga jual merupakan salah satu bersaran harga yang dikenakan maupun dibebankan kepada konsumen yang di dapat dari perhitungan biaya produksi ditambah dengan biaya nonproduksi serta laba yang diharapkan. Harga pokok penjualan merupakan suatu biaya yang muncul dari barang yang diproduksi bahkan dijual dalam kegiatan usaha. Dengan demikian, ada beberapa komponen dalam harga pokok penjualan, yaitu

  1. Persediaan awal barang dagangan, merupakan salah satu persediaan barang dagangan yang ada di awa periode atau tahun buku berjalan.
  2. Persediaan akhir barang dagangan, merupakan yang terdapat pada akhir periode maupun akhir tahun buku berjalan yang biasanya sado ini diketahui pada data penyesuaian akhir periode.
  3. Pembelian bersih, merupakan seluruh pembeiian barang dagangan yang diakukan oeh perusahaan baik secara tunai maupun kredit ditambah dengan biaya angkut pembelian dan dikurangi dengan potongan pembelian maupun retur pembelian.

Ada beberapa manfaat perhitungan harga pokok penjualan yaitu:

  1. Sebagai dasar dalam menentukan harga jual, dengan segala variabel yang melekat pada perhitungan harga pokok produksi akan ebih mudah menentukan jual.
  2. Mengetahui laba yang diinginkan oleh perusahaan, jika harga jual lebih besar dari pada harga pokok penjualan maka akan menghasilkan laba dan jika harga jual lebih rendah dari pada harga pokok penjualan maka akan mengalami kerugian.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang Pengertian harga pokok penjualan yomemimo.com/tugas/15463016?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 08 Aug 22