Perbedaan industri manufaktur dan non manufaktur keuangan

Berikut ini adalah pertanyaan dari Chopikha2453 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Perbedaan industri manufaktur dan non manufaktur keuangan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Industri manufaktur adalah sebuah perusahaan atau usaha dalam skala besar yang memproduksi suatu produk dari bahan baku mentah sampai menjadi produk yang siap di pasarkan. Industri non manufaktur adalah usaha atau perusahaan yang produknya adalah jasa atau jual beli yang fokus utamanya adalah laba atau keuntungan.

Pembahasan

Laporan keuangan suatu perusahaan merupakan salah satu cara utama dalam menilai kinerja suatu perusahaan. Hal yang paling membedakan dalam laporan keuangan perusahaan manufaktur dan non manufaktur ada di laporan laba rugi nya.

Perbedaan tersebut terjadi di karenakan perusahaan manufaktur memproduksi suatu produk atau barang dari barang mentah menjadi barang jadi, sehingga ada HPP atau Harga pokok produksi yang harus dihitung terlebih dahulu, sedangkan perusahaan non manufaktur bisa langsung menghitung laporan keuangannya tanpa menghitung HPP di karenakan mereka hanya melakukan transaksi jual beli atau jasa yang produknya bisa mereka pesan dalam kuantitas tertentu dan langsung mereka jual untuk mendapatkan laba atau keuntungan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang Perbedaan usaha manufaktur dan non manufaktur yomemimo.com/tugas/12954528
  2. Materi tentang Contoh perusahaan manufaktur yomemimo.com/tugas/3817851
  3. Materi tentang Tujuan keuangan dalam perusahaan yomemimo.com/tugas/584525

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi

Bab : 7

Kode : 10.12.7

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ELKey dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 26 May 22