tolong di jawab ya kks​

Berikut ini adalah pertanyaan dari namirayuanita8 pada mata pelajaran Seni untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tolong di jawab ya kks​
tolong di jawab ya kks​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Ada dua nada yang dinaikkan setengah nada. (opsi B)

Penjelasan:

Tanda kromatik yang ditunjuk oleh anak panah pada cuplikan lagu Ibu Kita Kartini tersebut adalah tanda mula (dalam istilah musik bahasa Inggris: key signature), yang menyatakan tangga nada yang digunakan dalam penulisan lagu tersebut.

Pada cuplikan lagu tersebut, tanda kromatik yang digunakan adalah 2# (2 kres). Tanda kromatik kres berfungsi untuk menaikkan nada sebesar setengah laras atau setengah nada, misalnya C# adalah setengah nada lebih tinggi dari C.

Karena tanda kromatik pada tanda mula cuplikan lagu tersebut adalah 2#, maka dapat disimpulkan pula bahwa tangga nada yang digunakan pada penulisan lagu tersebut adalah tangga nada mayor 2#, atau sama dengan tangga nada D Mayor. Susunan nada dalam 1 oktaf pada tangga nada D Mayor ini adalah: D - E - F# - G - A - B - C# - D. Ada 2 nada yang dinaikkan setengah nada, yaitu F menjadi F#, dan C menjadi C#. Pada tangga nada ini, jika nada-nadanya dituliskan dengan menggunakan sistem notasi angka seperti yang tertulis di bawah paranada, maka nada Do (1) sama dengan nada D dalam sistem notasi abjad/huruf. Oleh karena itu, di bagian kiri atas terdapat tulisan "D = do".

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh henriyulianto dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 19 Jul 22