2. Apa perbedaan atau keunggulan konsep Marketing-mix 4C dari Robert Lauterborn

Berikut ini adalah pertanyaan dari sherlyclarissa42011 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

2. Apa perbedaan atau keunggulan konsep Marketing-mix 4C dari Robert Lauterborn dibanding dengan konsep Marketing-mix 4P

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Perbedaan dalam konsepmarketing mixed 4C dan 4Padalah pada poin harga, tempat, kenyaman dan promosi. Adapun 4P adalahproduct, place, promotion dan price. Sedangkan 4C adalah customer, cost, communication dan convenience.

Pembahasan

Berikut beberapa penjelasan persamaan dan perbedaan 4C dan 4P:

  1. Dalam menerapkan 4C pada poin customer penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan kelayakan produk, keunggulan dan posisi pasar. Hal ini dijelaskan dalam 4P pada poin produk yakni mencari tahu produk yang diinginkan pelanggan.
  2. Dalam 4C pada poin cost, penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan harga yang terjangkau bagi target konsumen serta memberi kepuasan yang tepat. Sehingga titik pentingnya adalah konsumen. Sedangkan dalam 4P poin priceyang ditekankan adalahmenentukan harga yang menarik bagi konsumen namun tetap masuk akal dengan perhitungan HPP yang tepat. Sehingga titik pentingnya adalah perusahaan itu sendiri.
  3. Dalam 4C pada poin communicationmenekankan padaengagement atau keterhubungan dan komunikasi adalah hal yang penting. Tidak hanya promosi pada 4P saja.
  4. Dalam 4C pada poin convenienceyang diutamakan adalahkenyamanan pelanggan dalam belanja. Sedangkan 4P pada poin place yang diutamakan adalah pemilihan yang strategis.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang strategi pemasaran pada yomemimo.com/tugas/15006408

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 23 Aug 22