Jelaskan perbedaan antara lampu halogen LED lampu pijar dan lampu​

Berikut ini adalah pertanyaan dari nisawardatun2818 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan perbedaan antara lampu halogen LED lampu pijar dan lampu​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Lampu Halogen merupakan lampu yang sering digunakan untuk lampu kendaraan.

Lampu LED merupakan jenis lampu yang dapat menghasilkan cahaya secara maksimal tanpa harus memerlukan pemanasan seperti lampu bohlam.

Lampu pijar atau bohlammerupakanjenis lampu yang memiliki cara kerja dengan menyalurkan arus listrik dengan proses pemanasan sehingga menghasilkan sebuah cahaya.

Penjelasan:

Lampu menjadi salah satu alat penerangan yang sangat banyak manfaatnya dalam menunjang aktivitas kita sehari-hari, tanpa adanya lampu sebagai penerangan maka ruangan akan sangat gelap, sehingga dapat menghambat aktivitas kita.

Lampu yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari kita sangatlah beragam, seperti lampu LED, bohlam dan juga lampu Neon. Dari ketiga jenis lampu tersebut tentu saja memiliki perbedaan mulai dari tingkat pencahayaan dan juga fungsi dari lampu tersebut dalam kehidupan. Untuk lebih jelasnya dapat dijelaskan pada penjelasan berikut ini.

  • Lampu LED, merupakan lampu yang dapat menghasilkan cahaya secara maksimal tanpa harus memerlukan pemanasan seperti lampu bohlam. Kelebihannya adalah temperatur lampu lebih dingin karena tidak memerlukan waktu untuk pemanasan, tahan lama hemat energi karena energi yang dibutuhkan sekitar 10% dari lampu pijar lainnya.
  • Lampu bohlam atau lampu pijar, merupakan jenis lampu yang memiliki cara kerja dengan menyalurkan arus listrik dengan proses pemanasan sehingga menghasilkan sebuah cahaya. Salah satu kelebihan lampu ini adalah harganya yang murah dan terjangkau dibandingkan dengan jenis lampu lainnya, akan tetapi karena memerlukan energi panas yang cukup besar, lampu ini tidak efisien dan tidak hemat energi.
  • Lampu Neon, merupakan jenis lampu yang cara kerjanya dengan cara mengaktifkan fosfor yang ada di dalam tabung lampu tersebut, jenis lampu ini juga sering disebut dengan lampu pendar. Kelebihan dari lampu ini adalah dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang dibandingkan dengan lampu bohlam atau lampu pijar.

Selain ketiga lampu tersebut juga masih ada jenis lampu lainnya yaitu lampu Halogen. Lampu Halogen adalah lampu pijar yang sering dipakai sebelum adanya lampu LED. Jenis lampu ini merupakan lampu yang berisi filamen tungsen yang kemudian dibungkus dengan kaca lalu diberi gas nitrogen, argon atau crypton yang menjadikan lampu ini menjadi panas dan menghasilkan sebuah cahaya. Kelebihan dari lampu ini salah satunya adalah dapat menghasilkan sorot lampu yang lebih kuat dari lampu LED, akan tetapi karena memerlukan suhu yang panas maka lampu ini sangat boros dan dapat menguras aki. Lampu Halogen biasanya dipakai untuk lampu kendaraan.

Pelajari lebih lanjut              

Materi tentang 5 manfaat lampu dalam kehidupan sehari hari dapat dilihat pada yomemimo.com/tugas/17336337

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ekaboz17 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 13 Jun 22