Jelaskan secara komprehensif pandangan modern, pasca modern, pendekatan sistem dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari ilhamermawan9027 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan secara komprehensif pandangan modern, pasca modern, pendekatan sistem dan t-form, dan perbedaannya dengan teori klasik dan neo-klasik yang dibahas pada modul bmp 2 dan 4! bagaimana contohnya secara praktis di dalam organisasi?.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

PANDANGAN PASCA-MODERN ATAU PANDANGAN POSTMODERN ORGANISASI

Biasa dikenal dengan pandangan postmodern organisasi. Di bawah ini adalah ciri-ciri utama pandangan pasca modern organisasi:

  • Memandang bahwa koordinasi dalam sebuah organisasi dibangun melalui kebutuhan pekerjaan
  • Menekankan kepada continous improvement
  • Dalam organisasi terdiri dari berbagai entitas beragam namun berhubungan satu sama lain dan memiliki kemampuan dalam mengatur dan mengontrol diri sendiri
  • Melihat dan memperhatikan sifat politis organisasi
  • Beranggapan bahwa struktur bukan sebagai usaha yang rasional yang menciptakan struktur yang efektif, namun sebagai hasil dari politik diantara koalisi yang ada didalam organisasi untuk memperoleh control
  • Kepercayaan pada agama bahkan akan memudar, dan pandangan tentang pluralisme relativisme adalah kebenaran

Pendekatan sistem dan T-form MODEL T-FORM PADA ORGANISASI

Merupakan metode organisasi paling mutakhir dan sebuah gebrakan reformasi dunia organisasi maupun manajemen. Adapun ciri-cirinya adalah:

  • Singkatan dari Technology-Form (organisasi) yang menggunakan teknologi dalam membangun organisasi
  • Melakukan perubahan sikap organisasi yang terbuka, bermutu tinggi dan universal
  • Penguasaan komputer dan teknologi adalah kunci kesuksesan efisiensi dan efektivitas organisasi
  • Kredibilitas dan akuntabilitas organisasi dapat diketahui publik dan diakses massal
  • Mendorong upaya digitalisasi struktur dan fungsi dalam organisasi untuk selaras dan sejajar kedudukannya

Perbedaan dari teori klasik dan neoklasik adalah :

  • Teori klasik yang dikemukakan oleh Adam Smith yaitu pertumbuhan ekonomi sebenarnya bertumpu pada pertambahan penduduk.
  • Teori klasik yang dikemukakan oleh David Ricardo yaitu bahwa faktor pertumbuhan penduduk yang semakin besar akan menyebabkan jumlah tenaga kerja yang berlimpah.
  • sedangkan, Teori neoklasik yang dikemukakan oleh Harrod Domar yaitu modal harus dipakai secara efektif karena pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh peranan pembentukan modal tersebut.
  • Teori neoklasik yang dikemukakn oleh Robert Solow yaitu bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan rangkaian kegiatan yang bersumber dari manusia, akumulasi modal, pemakaian teknologi, dan hasil.

Contoh dalam organisasi yang peraktis : Dengan adanya organisasi dan bergabungnya dengan organisasi yang maju dan berkembang akan mempermudah lingkungan masyarakat dalam kesuliatan dengan cara bergeraknya organisasi kepada suatu intansi contohnya : warga yg ingin di bantu pembuatan BPJS.

Pembahasan :

Pascamodernisme (atau postmodernisme, posmodernisme, post-mo) adalah gerakan abad akhir ke-20 dalam seni, arsitektur, dan kritik, yang melanjutkan modernisme. Termasuk dalam pascamodernisme adalah interpretasi skeptis terhadap budaya, sastra, seni, filsafat, sejarah, ekonomi, arsitektur, fiksi, dan kritik sastra.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang pandangan modern pada yomemimo.com/tugas/27129298?referrer=searchResults\

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22