Sebagai bank sentral, bank indonesia mempunyai hubungan dengan pemerintah. menurut

Berikut ini adalah pertanyaan dari sitiferahartati7318 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebagai bank sentral, bank indonesia mempunyai hubungan dengan pemerintah. menurut anda terkait dengan hubungan keuangan dengan pemerintah, bagaimana peran bank indonesia?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Peran Bank Indonesia:

  1. Bank Indonesia bertugas menjaga stabilitas mata uang, termasuk melalui produk suku bunga dalam operasi pasar terbuka. Bank Indonesia harus mampu menetapkan kebijakan moneter yang tepat dan berimbang.
  2. Bank Indonesia berperan penting dalam menghasilkan kinerja lembaga keuangan yang solid, khususnya dalam bisnis perbankan. Penciptaan layanan tersebut oleh bank dilakukan melalui mekanisme pengawasan dan pengaturan.
  3. Bank Indonesia berwenang mengatur dan memelihara kelancaran sistem pembayaran. Jika salah satu peserta  sistem pembayaran gelisah, terdapat potensi risiko  yang sangat serius yang dapat mengganggu kelancaran sistem pembayaran.
  4. Bank Indonesia memiliki akses terhadap informasi yang dapat mengancam stabilitas keuangan melalui kemampuan penelitian dan pengawasan. Melalui pemantauan makroprudensial, Bank Indonesia dapat memantau kerentanan sektor keuangan dan mengidentifikasi potensi guncangan yang mempengaruhi stabilitas sistem keuangan.
  5. Bank Indonesia berperan sebagai jaring pengaman sistem keuangan melalui fungsinya sebagai lender of  last resort (LoLR) bank sentral. Fungsi LoLR merupakan peran tradisional Bank Indonesia sebagai bank sentral dalam manajemen krisis untuk menghindari  ketidakstabilan sistem keuangan. Fungsinya sebagai LoLR termasuk menyediakan likuiditas dalam situasi normal dan krisis.

Pembahasan:

Tugas utama Bank Indonesia tidak hanya menjaga stabilitas mata uang, tetapi juga menjaga stabilitas sistem keuangan (perbankan dan sistem pembayaran). Sekalipun Bank Indonesia berhasil menjaga stabilitas mata uang tanpa mengikuti stabilitas sistem keuangan, hal itu tidak akan terlalu efektif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Stabilitas keuangan dan stabilitas keuangan sedemikian rupa sehingga bagian depan dan belakang mata uang yang sama tidak dapat dipisahkan. Kebijakan moneter memiliki dampak yang besar terhadap stabilitas keuangan, dan sebaliknya, stabilitas keuangan merupakan pilar yang mendasari efektivitas kebijakan moneter. Ketidakstabilan keuangan, di sisi lain, berdampak mendasar pada stabilitas sistem keuangan karena tidak berfungsinya sistem keuangan secara efisien. Dengan latar belakang tersebut, stabilitas sistem keuangan tetap menjadi misi dan tanggung jawab Bank Indonesia.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi perekonomian indonesia: yomemimo.com/tugas/17473982?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22