Tuliskan dan deskripsikan macam-macam persekutuan komanditer

Berikut ini adalah pertanyaan dari silvy446 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Tuliskan dan deskripsikan macam-macam persekutuan komanditer

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Persekutuan komanditer terdapat tiga jenismacam dan berikut ini adalah macam-macam daripersekutuan komanditer dan berserta penjelasannya:

  • Persekutuan komanditer diam diam merupakan persekutuan yang belum menyatakan diri. Bentuk komanditer ini diketahui oleh pihak ketiga dan secara internal komanditer ini telah terjadi persekutuan, dikarena terdapat beberapa pihak bersekutu.
  • Persekutuan Komanditer Terang-Terangan merupakan persekutuan yang menyatakan diri kepada pihak ketiga. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya akta pendirian Commanditaire Vennootschap (CV) oleh notaris dan didaftarkan nama perusahaan.
  • Persekutuan Komanditer dengan saham merupakan persekutuan yang tidak memiliki perbedaan dengan komanditer terang-terangan, akan tetapi terdapat modal yang terdiri atas saham-saham.

Pembahasan:

Persekutuan Komanditer atau disebut dengan Commanditaire Vennootschap (CV)adalah persekutuan yang menjalakan usaha bersama-sama dan didirikan oleh satu atau lebihsekutuyangaktifdanpasif secara bersama dengan satu atau lebih sekutu komanditer. Sedangkan, pengertian dari sekutu aktif yakni orang-orang yang menjalankan perusahaan dan sekaligus bertanggung jawab penuh atas utang piutang perusahaan tersebut.

Ciri-ciri atau karakteristikdaripersekutuan komanditer adalah:

  • Terdapat keanggotaan yang terdiri dari dua jenis dalam CV, yakni sekutu aktif dan sekutu pasif.
  • Sekutu aktif memiliki peran untuk menjalankan perusahaan.
  • Sekutu pasif memiliki peran untuk menyertakan modal.
  • Sekutu aktif memiliki tanggungjawab yang tidak terbatas.
  • Sekutu pasif memiliki tanggungjawab besar dengan modal yang ditanamkan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang persekutuan komanditerdapat disimak diyomemimo.com/tugas/7677615

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Syubbana dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 18 Aug 22