Ilmu Ekonomi berkembang dengan dinamis dan pada tIlmu Ekonomi berkembang

Berikut ini adalah pertanyaan dari haeriah7056 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Ilmu Ekonomi berkembang dengan dinamis dan pada tIlmu Ekonomi berkembang dengan dinamis dan pada teori mikroekonomi ada masalah-masalah yang bersifat positif dan normatif. Menurut Saudara apakah yang dimaksud dengan analisis positif dan analisis normatif tersebut, berikan pula contoh-contohnya!eori mikroekonomi ada masalah-masalah yang bersifat positif dan normatif. Menurut Saudara apakah yang dimaksud dengan analisis positif dan analisis normatif tersebut, berikan pula contoh-contohnya!.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Analisis positif berarti analisis yang dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Analisis positif dilakukan dengan melihat kondisi ekonomis seadanya, misalnya peningkatan harga dapat terjadi akibat kelangkaan sebuah barang/jasa. Analisis normatif berarti analisis yang dilakukan dengan melihat kondisi norma (hal yang dianggap lazim) dalam masyarakat. Contoh analisis normatif adalah jika inflasi tidak diimbangi dengan peningkatan upah, maka tingkat konsumsi masyarakan kelas pekerja dapat berkurang.

Pembahasan

Dalam belajar ekonomi, kamu akan diberikan beberapa pendekatan untuk melakukan studi terhadap ilmu tersebut. Dua pendekatan utama itu adalah analisis positif dan analisis normatif.

Analisis positif berkaitan dengan analisis ekonomis yang didasarkan pada keadaan yang ada dalam masyarakat. Analisis ini tidak bersifat menyesuaikan dengan norma atau hukum-hukum yang ada; ia hanya menunjukkan fakta lapangan.

Analisis normatif berkaitan dengan analisis ekonomis yang didasarkan pada bagaimana kondisi ekonomis masyarakat dapat ditingkatkan/diperbarui.

Pelajari lebih lanjut

Apa itu ekonomi: yomemimo.com/tugas/51799945

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ImEdwin2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 24 Jan 23