Siklus bisnis yang disebabkan oleh pergeseran kurva permintaan agregat.

Berikut ini adalah pertanyaan dari walid1153 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Siklus bisnis yang disebabkan oleh pergeseran kurva permintaan agregat.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Siklus bisnis yang disebabkan oleh pergeseran kurva permintaan agregat ialah jika inflasi naik, maka akan menurunkan daya beli masyarakat. Ketika secara agregat tingkat konsumsi berkurang, maka output juga akan berkurang. Bila pergeseran agregat demand ini terus berlanjut dan menyebabkan sektor bisnis menjadi lemah, maka akan menyebabkan perekonomian mengalami resesi.

Pembahasan:

Ekonomi mikro sebagai cabang ilmu ekonomi mempelajari beragam variabel ekonomi dalam batasan kecil, seperti perusahaan dan rumah tangga yang ia pelajari mulai dari variabel ekonomi kecil seperti konsumsi, investasi, dan tabungan.

Jika dilihat dari ruang lingkupnya:

Ruang lingkup yang dikaji oleh ekonomi mikro adalah konsumen dan produsennya. Sedangkan pada Ekonomi makro mempelajari berbagai macam variabel ekonomi dalam lingkup keseluruhan. Variabel ini akan berdampak banyak terhadap kesempatan kerja, laju inflasi, pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, hingga neraca pembayaran internasional.

Jika dilihat dari elemen dalamnya:

Unit analisis dari ekonomi mikro, yakni membahas tentang kegiatan ekonomi secara individual seperti permintaan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi dari perusahaan, sedangkan unit atau elemen yang dikaji dari ekonomi makro, yaitu pembahasan tentang aktivitas ekonomi secara keseluruhan seperti pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang ekonomi makro dan mikro pada yomemimo.com/tugas/51889370

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 15 Feb 23