Teori ekonomi mikro bekerja menggunakan asumsi-asumsi dalam menganalisis permasalahan ekonomi

Berikut ini adalah pertanyaan dari danangputra7070 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Teori ekonomi mikro bekerja menggunakan asumsi-asumsi dalam menganalisis permasalahan ekonomi yang terjadi, yang biasa disebut ceteris paribus. A. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ceteris paribus ?b. Jelaskan kelebihan dan kelemahan penerapan ceteris paribus ?.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

manfaat

Meningkatkan Akurasi Penelitian

Asumsi tersebut menghilangkan faktor atau variabel-variabel yang tak penting, hal ini bisa meningkatkan akurasi dalam penelitian tersebut. Ini karena dalam penelitian tersebut kemudian hanya meneliti tentang variabel signifikan untuk dimasukkan ke dalam perhitungan.

Ketika menghitung semua variabel, hasilnya akan jauh tidak lebih akurat dibanding saat menggunakan asumsi ceteris paribus. Salah satunya karena variabel-variabel tersebut kadang berbeda dalam setiap kasus. Hasil penelitian ini kemudian bisa jadi dasar ilmiah untuk menentukan asumsi ataupun hipotesis lainnya.

Memudahkan Analisis Ekonomi yang Kompleks

Dalam analisis ekonomi, penggunaan asumsi ini bisa mengurangi kompleksitas dan kesulitan yang ada, karena hanya menghitung dan menganalisis variabel yang ingin diteliti aja. Artinya, jumlah total variabel menjadi berkurang untuk kemudian bisa dicari hubungannya.

Analis kemudian bisa menganalisis banyak hal dalam waktu singkat, karena tak mungkin untuk menghitung dan membuat model dengan semua variabel dalam sistem ekonomi. Asumsi ceteris paribus sangat berguna untuk menambah efektivitas dan efisiensi dalam analisis ekonomi.

Isolasi Variabel yang Ingin Diteliti

Asumsi ini bisa digunakan untuk mengisolasi variabel-variabel yang ingin diteliti, karena variabel lain dianggap konstan. Artinya, kemudian bisa dilakukan penelitian untuk variabel yang diisolasi tersebut tanpa perlu khawatir dengan variabel-variabel lainnya.

Kerugian Asumsi Ceteris Paribus

Selain memiliki manfaat, asumsi ceteris paribus juga mendatangkan kerugian jika digunakan. Hal yang paling utama, asumsi ini membuat teori ekonomi yang dihasilkan sulit untuk digunakan dalam permasalahan di dunia nyata.

Hal ini karena asumsi tersebut dikatakan tidak menggambarkan kondisi kehidupan sehari-hari, karena dalam kehidupan nyata tak ada variabel yang konstan, artinya analisisnya menjadi tidak akurat. Artinya, analisis ekonomi yang menggunakan asumsi ini harus diubah dulu sesuai kondisi nyata yang ada, yang kini menjadi tantangan para ekonom untuk membentuk solusi dari permasalahan ekonomi yang ada

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh svetaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 03 Jan 23