bagaimana bank Indonesia dalam melaksanakan sistem pembayaran di indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari aldian3029 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Bagaimana bank Indonesia dalam melaksanakan sistem pembayaran di indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut ada beberapa cara bank Indonesia dalam melaksanakan sistem pembayarannya dalam sesama bank maupun di kehidupan masyarakat:

  1. Sistem pembayaran tunai. Sistem pembayaran tunai adalah sebuah sistem yang mana secara umum menggunakan uang kartal atau sering disebut dengan uang kertas maupun logam sebagai alat pembayaran sah dalam kehidupan masyarakat maupun bank sehari-hari.
  2. Sistem pembayaran non tunai. Sistem pembayaran non tunai adalah sebuah sistem yang mana tidak menggunakan uang kertas maupun logam secara langsung namun menggunakan kartu, cek hingga uang elektronik.

Pembahasan

Bank adalah sebuah lembaga yang mana menjadi didirikan memiliki wewenang untuk menyimpang uang hingga meminjamkan uang dengan beberapa syarat tertentu. Berikut beberapa manfaat bank:

  1. Mempermudah penerimaan serta pengeluaran transaksi. Hal ini juga sering disebut dengan Working Balance yang mana dilakukan agar transaksi bisnis maupun hal biasa dalam sehari-hari dapat berjalan relatif lancar.
  2. Penanaman investasi. Hal ini juga disebut dengan Investment Fund yang berupa kegiatan investasi untuk mendapatkan hasil berupa bunga.
  3. Pemberian jaminan keamanan. Hal ini juga disebut dengan Saving Purpose yang mana memberikan jaminan keamanan seperti penyimpanan uang dari pencurian.

Pelajari lebih lanjut

  1. Banknya bank secara umum yomemimo.com/tugas/4355207
  2. Perbedaan umum bank sirkulasi dengan bank sentral yomemimo.com/tugas/2542681
  3. Beberapa contoh jenis bank yomemimo.com/tugas/4882974

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: Bab 4 - Bank Sentral, Sistem dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia

Kode: 10.12.4

#TingkatkanPrestasimu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh zhella2108 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 28 Apr 19