Jelaskan 3 kegiatan ekonomi dan berikan contohnya

Berikut ini adalah pertanyaan dari amaliamansur8753 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan 3 kegiatan ekonomi dan berikan contohnya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

3 kegiatan ekonomi serta contoh dari masing-masing kegiatan ekonomi adalah:

  1. Kegiatan produksi: Kegiatan produksi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suatu barang atau jasa. Contoh dari kegiatan produksi adalah kegiatan orang yang menenun kain batik atau kegiatan orang yang membuat kue.
  2. Kegiatan distribusi: Kegiatan distribusi adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menyalurkan barang atau jasa hasil produksi dari produsen ke konsumen. Contoh dari kegiatan distribusi adalah kegiatan orang yang mengambil kain batik dari produsen kemudian menjualnya kepada masyarakat.
  3. Kegiatan konsumsi: Kegiatan konsumsi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dengan menghabiskan suatu barang atau jasa. Contoh dari kegiatan konsumsi adalah kegiatan orang yang orang yang membeli kue untuk dimakan.

Pembahasan

Kegiatan ekonomi merupakan istilah yang digunakan untuk semua kegiatan yang dilakukan manusia dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Manusia sebagai suatu makhluk yang termasuk dalam makhluk sosial tidak dapat melakukan sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup.Sehingga manusia melakukan kegiatan ekonomi dengan orang lain agar dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang kegiatan produksi, distribusi dan ekonomi yomemimo.com/tugas/2431078
  2. Materi tentang jenis kegiatan produksi, distribusi dan ekonomi yomemimo.com/tugas/52196
  3. Materi tentang contoh kegiatan produksi, distribusi dan ekonomi yomemimo.com/tugas/487000

Detail Jawaban    

Kelas: X

Mata pelajaran: Ekonomi    

Bab: Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Kode: 10.12.2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh MuhammadFirdaus00 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 16 Oct 22