Dalam hal apa saja wajib pajak bisa mengajukan keberatan pajak

Berikut ini adalah pertanyaan dari Apriliamirna905 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Dalam hal apa saja wajib pajak bisa mengajukan keberatan pajak dan banding? Berikan contohnya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pajak adalah iuran rakyat terhadap negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Rakyat yang membayar pajak tidak akan merasakan secara langsung manfaat dari bayat pajak karena itu diperlukan untuk kepentingan umum. Dalam keberatan wajib pajak pemerintah sudah mengeluarkan undang undangnya. Selain itu syarat untuk mengajukan keberatan wajib pajak juga ada.

Dalam mengajukan banding juga wajib karena sudah ada surat keputusan dan undang undang pengajuan banding. Orang yang mengajukan banding bisa disebut dengan pemohon banding.

Contoh mengajukan wajib pajak itu ketika membayar pajak tetapi tidak sesuai dengan biaya yang dibayarnya maka kita bisa mengajukannya.

Contohnya apabila wajib pajak sudah mengajukan surat keberatan kepada direktorat jenderal pajak tetapi ditolak maka kita harus mengajukan banding terhadap badan peradilan pajak


Pembahasan

Membayar pajak adalah wajib karena di dalam pajak itu sendiri kita bisa menggunakan manfaat yang sudah dilakukan pemerintah terhadap rakyatnya. Pajak sendiri merupakan suber dana pemerintah untuk melakukan pembangunan, baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Di Indonesia sendiri kita sebagai rakyat bisa mengajukan keberatan wajib pajak dan banding. Membayar pajak itu sendiri adalah wajib karena untuk kepentingan pemerintah dan juga kepentingan umum.

Dalam mengajukan keberatan wajib pajak ada beberapa syarat :

• Pengajuan wajib pajak dilakukan secara tertulis dengan bahasa indonesia

• Mengemukakan jumlah pajak yang terutang, jumlah pajak yang dipotong atau jumlah rugi menurut perhitungan wajib pajak. Dan mempunyai alasan kuat untuk mengajukannya

• Diajukan dalam jangka waktu 3 bulan sejak tanggal dikirim surat ketetapan pajak, pemotongan atau pemungutan pajak

• Satu surat keberatan hanya untuk satu surat ketetapan wajib pajak.

• Dll

Tujuannya melakukan keberatan wajib pajak adalah untuk melindungi hak – hak wajib pajak secara hukum jika terjadi kesewenang wenangan. Jika pengajuan keberatan wajib pajak tidak memenuhi persyaratan maka pengajuan itu tidak bisa diterima.

Dalam mengajukan banding wajib pajak juga ada beberapa persyaratan yang nantinya saat mengajukan banding tidak ditolak, bisa langsung diterima oleh pihak perpajakan, berikut syaratnya.

• Diajukan kedalam peradilan pajak

• Dengan menuliskan surat permohonan menggunakan bahasa indonesia

• Mempunyai jangka waktu 3 bulan sejak surat keputusan diterima

• Satu surat banding hanya untuk satu surat pengajuan keberatan.

• Wajib ditanda tangani oleh wajib pajak, wakil, kuasa.

• Dll.

Proses banding merupakan upaya hukum yang dapat diambil untuk memutuskan sengketa dalam bidang perpajakan, antara wajib pajak dan penanggung pajak.

Pelajari lebih lanjut

Prosedur mengajukan keberatan wajib pajak  yomemimo.com/tugas/17017166

------------------------------------------------------------------------------------------------

Detil Jawaban :

Kelas : 11

Mapel : Ekonomi

Kode :11.12.7

Kata Kunci : mengajukan keberatan dan banding wajib pajak

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh UnjaniFakTeknik dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 31 Jan 19