Apa yang dimaksud kelangkaan atau scarity dalam ilmu ekonomi

Berikut ini adalah pertanyaan dari natasyaacy7016 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Apa yang dimaksud kelangkaan atau scarity dalam ilmu ekonomi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Eskalasi jumlah kebutuhanmanusia yangmelebihi kapasitas pemenuhan kebutuhan berdasarkan keterbatasan sumber merupakan penyebab dari kelangkaan atau scarcity, secara sederhana dapat diartikan sebagai adanya ketidakseimbangan dari kebutuhan dengan ketersediaan.

Pembahasan:

Pola hidup konsumtif mendorong manusia untuk mengkonsumsi dan membeli lebih banyak produk untuk menopang kebutuhan dan kenyamanan hidup, di sisi lain alam memiliki keterbatasan dalam kaitannya dengan sumber daya yang diperlukan dalam memproduksi berbagai kebutuhan manusia. Adanya peningkatan akan kebutuhan manusia yang tidak sebanding dengan ketersediaan komoditas dapat menjadi penyebab dari kelangkaan.

Adapun faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab kelangkaan diantaranya adalah:

  • Tingginya permintaan yang terjadi secara tiba-tiba sebagai dampak dari sebuah peristiwa, misalnya seperti yang terjadi pada kelangkaan masker dan tissue toilet pada masa awal pandemi Covid-19.
  • Keterbatasan sumber daya yang dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti gagal panen masal atau kerusakan alam.
  • Ketidak merataan distribusi yang sering kali terjadi karena ulang penimbun yang sengaja membuat langka komoditi tertentu untuk dijual kemudian dengan harga yang berlipat ganda.

Permasalahan yang dapat timbul dari adanya kelangkaan diantaranya adalah kenaikan harga secara drastis.

Pelajari lebih lanjut mengenai penyebab kenaikan harga pada: yomemimo.com/tugas/10637997

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 06 Aug 22