Jelaskan penyebab internal dan eskternal krisis moneter?

Berikut ini adalah pertanyaan dari Muawanah7856 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan penyebab internal dan eskternal krisis moneter?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Krisis moneter merupakan situasi dimana harga aset mengalami penurunan nilai yang tajam, bisnis dan konsumen tidak dapat membayar hutangnya dan lembaga keuangan mengalami kekurangan likuiditas. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya krisis moneter disuatu Negara, yaitu:

Faktor internal

1.Hutang luar negeri

2.Krisis ekonomi global

Faktor eksternal

1.Kondisi politik

2.Kebijakan

3.Inflasi

4.Kelemahan sistem perbankan

5.Masalah pada sektor produksi

Pembahasan

Krisis moneter merupakan situasi dimana harga aset mengalami penurunan nilai yang tajam, bisnis dan konsumen tidak dapat membayar hutangnya dan lembaga keuangan mengalami kekurangan likuiditas. Krisis moneter memberi dampak pada kurang baik bagi negara yang mengalaminya, seperti anjloknya nilai mata uang secara signifikan membuat pasar modal dan pasar uang amblas, harga bahan pokok naik, banyak perusahaan bangkrut, terjadinya demo besar-besaran, kerusakan dan penjarahan serta hilangnya kepercayaan Negara Asing. Salah satu negara yang mengalami krisis moneter adalah Indonesia. Indonesia mengalami krisi moneter pada tahun 1998. Pada saat itu mata uang rupiah ambruk di bulan Juli 1998 menyentuh level sangat rendah sebesar Rp. 14.965 – per US$ sehingga banyak para debitur utamanya konglomerat yang tidak mampu membayar kewjibannya kepada bank dan penjarahan terjadi hampir diseluruh wilayah di Indonesia.  Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya krisis moneter disuatu Negara, yaitu:

Faktor internal

Hutang luar negeri

Krisis ekonomi global

Faktor eksternal

Kondisi politik

Kebijakan

Inflasi

Kelemahan sistem perbankan

Masalah pada sektor produksi

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pasar uang yomemimo.com/tugas/3613665#:~:text=pasar%20uang%20adalah%20pasar%20tempat,dengan%20pihak%20yang%20mengalami%20defisit.
  2. Materi tentang hutang luar negeri yomemimo.com/tugas/35837659
  3. Materi tentang cara menghitung kurs mata uang asing yomemimo.com/tugas/74461

Detail jawaban

Kelas: X (Sepuluh)

Mapel: Ekonomi

Bab: -

Kode: -

#AyoBelajar #SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 07 Aug 22