1. carilah sebuah koperasi yang ada di daerahmu? apakah sampai

Berikut ini adalah pertanyaan dari Nurhudax1684 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. carilah sebuah koperasi yang ada di daerahmu? apakah sampai sekarang koperasi tersebut masih beroperasi dengan baik? kira kira apa masalah yang dihadapi koperasi tersebut dan bagaimana cara pengurus menghadapinya.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Koperasi yang berada di lingkungan sekitar tempat saya beraktivitas bernama Koperasi Cipamokolan tidak berjalan cukup baik. Hal ini di karenakan koperasi yang merupakan salah satu badan hukum yang bergerak di bidang usaha dan dagang tersebut tidak memiliki pengurus yang kompeten sehingga di akhir periode SHU (Sisa Hasil Usaha) yang diberikan kepada para anggotanya tidak sesuai dengan pencatatan untung rugi usaha. Hal ini menyebabkan anggota koperasi lainnya merasa enggan untuk turut serta aktif kembali dalam koperasi tersebut.

Pembahasan

Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Koperasi, dijelaskan bahwa koperasi adalah sebuah badan usaha yang beranggotakan sekumpulan orang yang kegiatannya berlandaskan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berasas kekeluargaan. Maka dapat disimpulkan bahwa koperasi merupakan salah satu badan usaha yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya terutama dalam bidang perekonomian.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang koperasi pada yomemimo.com/tugas/10865800

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh maulanaasyari dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 08 Aug 22