Jelaskan kelebihan dan kelemahan penerapan ceteris paribus ?.

Berikut ini adalah pertanyaan dari firmansyahamn1447 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan kelebihan dan kelemahan penerapan ceteris paribus ?.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kelebihan dan kelemahan penerapan ceteris paribus yaitu:

  • Kelebihannya yaitu, Dapat meningkatkan akurasi pada penelitian, Dapat memudahkan saat analisis ekonomi yang kompleks, Untuk mengisolasi variabel yang ingin diteliti. Sedangkan
  • Kelemahannya yaitu, asumsi yang digunakan sulit untuk permasalahan di dunia nyata dan tidak menggambarkan kondisi kehidupan sehari-hari.

Pembahasan

Di dalam ilmu ekonomi istilah ceteris paribus merupakan sebuah asumsi yang digunakan untuk menyederhanakan berbagai formulasi dan deskripsi dari berbagai anggapan ekonomi.

Ceteris paribus merupakan sebuah ungkapan dari bahan latin yang artinya keadaan yang sama. Jadi cateris paribus ini merupakan suatu kondisi sebuah asumsi klasik saat faktor-faktor lain.

Secara umum, ceteris paribus ini asumsi yang digunakan untuk mempermudah analisis ekonomi. Salah satunya yaitu untuk mengisolasi variabel yang ingin diteliti.

Contohnya yaitu ketika harga turun, maka penjual akan mengurangi produksi atau bahkan dapat menutup usahanya karena adanya laba yang kecil.

Berikut ini penjelasan kelebihan dan kelemahan penerapan ceteris paribus yaitu:

Kelebihannya

  • Meningkatkan akurasi penelitian, dengan menggunakan ceteris paribus ini asumsi menghilangkan faktor variabel yang tak penting. Dengan ini dapat meningkatkan akurasi dalam penelitian tersebut.
  • Memudahkan dalam analisis ekonomi yang kompleks, dengan menggunakan ceteris paribus ini asumsi bisa mengurangi kompleksitas dan juga kesulitan yang ada.
  • Dengan menggunakan ceteris paribus ini asumsi bisa digunakan untuk mengisolasi variabel-variabel yang akan di teliti.

Kelemahannya

  • Dengan menggunakan asumsi ceteris paribus dapat membuat teori ekonomi yang dihasilkan sulit untuk digunakan dalam permasalahan didunia nyata.
  • Dalam analisis ekonomi yang menggunakan asumsi ceteris paribus harus diubah terlebih dahulu sesuai dengan kondisi yang nyata.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang apa itu ceteris paribus yomemimo.com/tugas/87754
  2. Materi tentang contoh ceteris paribus yomemimo.com/tugas/11140180
  3. Materi tentang ceteris paribus terhadap hukum ekonomi yomemimo.com/tugas/6711334

Detail Jawaban

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi

Bab : 8.1 - Biaya produksi, penerimaan, laba rugi

Kode : 10.12.8.1

#AyoBelajar  #SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 03 Jan 23