Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan nilai tukar

Berikut ini adalah pertanyaan dari jannatulradhain2214 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan nilai tukar

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

  • Faktor faktor yang mempengaruhi nilai tukar :
  1. Tingkat Inflasi.
  2. Kebijakan Pemerintah.
  3. Perbedaan Tingkat Suku Bunga.
  4. Aktivitas Neraca Pembayaran.
  5. Ekspektasi.

Penjelasan:

Nilai Tukar (atau dikenal sebagai Kurs) adalah sebuah perjanjian yang dikenal sebagai nilai tukar mata uang terhadap pembayaran saat kini atau di kemudian hari, antara dua mata uang masing-masing negara atau wilayah.

Nilai tukar atau kurs merupakan nilai tukar antar dua negara yang disepakati penduduk kedua negara untuk saling melakukan perdagangan. Ada dua jenis nilai tukar yang dipakai yaitu Kurs Nominal dan Kurs Riil.

Pada dasarnya, nilai mata uang selalu berubah tergantung pada permintaan dan penawaran terhadap mata uang tersebut. Apabila ada permintaan yang banyak, maka nilai suatu mata uang akan menguat. Sebaliknya, akan terjadi pelemahan jika banyak yang menjual atau menawarkan mata uang tersebut.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ramadhanifadhillah23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 09 Oct 22