Untuk dapat memilih dan menentukan peralatan kantor dengan tepat sebelum

Berikut ini adalah pertanyaan dari bernardfabian6210 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Untuk dapat memilih dan menentukan peralatan kantor dengan tepat sebelum melakukan pengadaan maka kita harus melihat .....

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Untuk dapat memilih dan menentukan peralatan kantordengan tepat sebelum melakukan pengadaan maka kita harus melihatdaftar kebutuhan barang yang di ajukan.

Dengan melihat kebutuhan barang terlebih dahulu maka kita akan terhindar dari pemborosan apabila barang yang telah dibeli ternyata tidak dibutuhkan atau tidak cocok dengan kebutuhan. Barang kebutuhan artinya barang yang benar-benar dapat digunakan dan memberi manfaat untuk membantu melancarkan aktifitas usaha secara langsung.

Pembahasan

Peralatan kantor adalah perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan oleh sebuah kantor untuk mendukung aktifitas usahanya sehingga memberi manfaat dan melancarkan kegiatan perusahaan sehari-hari. Dari fungsi dan pemakaiannya peralatan kantor sebaiknya memiliki daya tahan yang lama (tidak mudah rusak) karena akan sangat beresiko merugikan perusahaan apabila peralatan tersebut tiba-tiba tidak dapat dipakai. Sebagai contoh peralatan internet (wi-fi). Bayangkan apabila sedang ada pertemuan penting secara virtual dengan klien tiba-tiba peralatan wi-fi rusak. Atau perangkat komputer kantor yang sering rusak sehingga memperlambat keputusan untuk bertindak. Beberapa contoh peralatan kantor antara lain mesin fotokopi, komputer/laptop kantor, proyektor, perangkat telepon untuk conference call, peralatan wi-fi, meja kerja, dan lain-lain.

Berikut karakteristik dari peralatan kantor pada umumnya:

  1. Sebagai aset perusahaan, peralatan kantor memiliki nilai penyusutan yang harus dicatat dalam sistem akunting perusahaan.
  2. Peralatan kantor dapat diperjualbelikan kembali baik dengan segala kerugian ataupun keuntungan yang nantinya harus dicatat dalam pembukuan usaha.
  3. Masa manfaat peralatan kantor dapat berlangsung lebih dari satu tahun.
  4. Umumnya harus menggunakan listrik untuk dapat beroperasi.
  5. Biaya peralatan kantor tergolong aset bernilai besar.
  6. Peralatan kantor berfungsi sebagai perangkat pendukung aktifitas kantor.

Pelajari lebih lanjut

Penjelasan tentang Cara Memilih Peralatan Kantor yomemimo.com/tugas/26630804

Penjelasan tentang Peralatan Kantor yomemimo.com/tugas/14547725

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 18 Aug 22