berikut pernyataan yang paling tepat mengenai APBN adalah a daftar

Berikut ini adalah pertanyaan dari Lii26 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

berikut pernyataan yang paling tepat mengenai APBN adalah a daftar yang dibuat oleh negara beserta daerah yang memuat penerimaan dan rencana pengeluaran oleh daerah B daftar yang merinci penerimaan negara dan kegunaannya dalam jangka waktu tertentu C anggaran yang dibuat oleh negara untuk melakukan pembangunan selama 1 tahun D daftar yang berisi tentang biaya biaya yang akan dikeluarkan oleh negara untuk membiayai pembangunan pembangunan daerah daftar yang menjelaskan tentang penerimaan dan pengeluaran negara dalam waktu tertentu biasanya 1 tahun

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pernyataan yang paling tepat mengenai APBN adalah E.daftar yang menjelaskan tentang penerimaan dan pengeluaran negara dalam waktu tertentu biasanya 1 tahun

Pembahasan  

Apa itu APBN? APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara adalah rencana keuangan tahunan Pemerintah negara Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat. APBN berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran.

Dalam penyusunan Rancangan APBN setiap tahunnya lembaga legislatif dan eksekutif perlu mengagendakan supaya dapat dibahas bersama. Selama pembahasan anggaran, disusun rencana anggaran yang biasanya dibahas di tingkat komisi DPR dengan kementerian/lembaga negara terkait yang jadi pengguna anggaran. Rencana-rencana anggaran tersebut kemudian akan disusun kembali oleh Kementerian Keuangan yang berperan sebagai bendahara negara.

Apa Tujuan dari penyusunan APBN? sebagai pedoman pendapatan dan pembelanjaan negara dalam melaksanakan tugas kenegaraan untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat. Ibarat seperti rumah tangga dalam setiap bulannya perlu memperhitungkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan hidup, untuk melakukan pengembangan diri, supaya dapat mengetahui berapa semua biaya yang diperlukan, dan harus menghasilkan berapa supaya dapat menutupi biaya kebutuhan 1 bulan.

dan ada juga fungsi dari APBN itu sendiri berdasarkan pasar 3 ayat 4 UU No. 17 tahun 2003, yaitu ada 5 fungsi:

  • berfungsi sebagai otorisasi di mana, anggaran negara menjadi dasar untuk melaksanakan pendapatan dan belanja pada tahun yang bersangkutan.
  • Sebagai perencanaan dan pedoman bagi manajemen dalam merencanakan kegiatan pada tahun yang bersangkutan.
  • Sebagai pengawas agar anggaran yang ada dapat digunakan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya.
  • Anggaran agar dapat didistribusikan dengan baik dan memperhatikan unsur keadilan dan kepatutan.
  • Upaya untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian

Berikut ini mekanisme penyusunan APBN:

  • Tahap 1: Perencanaan dan penetapan RAPBN yang disusun oleh kementerian/lembaga yang menghasilkan rencana kerja pemerintah yang mengacu pada asumsi dasar ekonomi makro.
  • Tahap 2: Pembahasan dan penetapan APBN yang dilakukan pemerintah dan DPR dengan pertimbangan masukan DPD.
  • Tahap 3: Pelaksanaan dan pengawasan APBN.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Materi tentang Masalah ketenagakerjaan di Indonesia https:// yomemimo.com/tugas/2429951
  2. Materi tentang Contoh kebijakan moneter di Indonesia https:// yomemimo.com/tugas/2156981
  3. Materi tentang Contoh kebijakan fiskal di Indonesia https:// yomemimo.com/tugas/24814662

Detil jawaban

Kelas: XI

Mapel: Ekonomi

Bab: Bab 1- Pendapatan Nasional

Kode: 11.12.1

#JadiRankingSatu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh cahyoadin06 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 21 Apr 19