Upaya atau usaha untuk mengatur dan menjalankan roda perekonomian yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari MuhamadRiizky736 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Upaya atau usaha untuk mengatur dan menjalankan roda perekonomian yang berdasarkan pada nilai-nilai syariat islam sering disebut.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Upaya atau usaha untuk mengatur dan menjalankan roda perekonomian pada nilai" syariat islam disebut Ekonomi islam

Penjelasan:

Motif Ekonomi adalah semua yang berhubungan dengan alasan, motivasi atau dorongan, dan kegiatan yang dilakukan individu atau organisasi untuk melakukan suatu kegiatan ekonomi. Manusia melakukan kegiatan ekonomi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier. Tujuan dari motif ekonomi adalah untuk pemenuhan kebutuhan manusia di dalam hidupnya. Berdasarkan faktor penyebabnya, motif perekonomian dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Motif Intrinsik

Pengertian motif intrinsik adalah motif ekonomi yang timbul di dalam diri seseorang tanpa adanya pengaruh dari faktor eksternal. Misalnya, ketika seseorang merasa haus dan lapar, maka ia akan membeli makanan dan minuman.

2. Motif Ekstrinsik

Pengertian motif ekstrinsik adalah motif ekonomi yang timbul di dalam diri seseorang karena adanya pengaruh dari faktor eksternal. Misalnya, seseorang menunjukkan laptop baru miliknya kepada temannya, lalu timbul keinginan untuk membeli laptop baru di dalam diri temannya tersebut.

Selain itu, motif ekonomi juga dapat dibedakan berdasarkan pelaku ekonomi, yaitu motif individu dan motif organisasi.

1. Motif Individu

Motif individu adalah motif yang didasari atas dorongan dari dalam diri sendiri untuk memperbaiki ekonomi dan mesejahterakan diri sendiri dan keluarganya. Beberapa motif individu diantaranya adalah:

A. Motif Meningkatkan Taraf Hidup

Semua manusia secara kodrat selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya secara jasmani dan rohani. Dengan begitu maka ia memperbaiki taraf hidupnya, yaitu kondisi seimbang antara kebutuhan dan pemuas kebutuhan.

B. Motif Aktualisasi Diri

Pada umumnya manusia butuh pengakuan dan penghargaan dari orang lain. Inilah yang menjadi salah satu alasan seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi, misalnya membeli kendaraan pribadi, membeli pakaian bagus, dan sebagainya.

C. Motif Mencapai Kekuasaan Ekonomi

Kebanyakan pebisnis pasti ingin memiliki kekuasaan ekonomi di dalam industri yang digelutinya. Tidak jarang juga pengusaha yang melakukan berbagai upaya dan cara agar bisnisnya menjadi penguasa pasar untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

D. Motif Sosial

Ada juga sebagian manusia yang melakukan kegiatan ekonomi karena didasari motif sosial. Hal ini dikarenakan adanya keinginan untuk membantu dan mensejahterakan orang lain. Misalnya, mendirikan koperasi untuk kepentingan para anggotanya.

2. Motif Organisasi

Motif organisasi atau perusahaan adalah motif ekonomi yang didasari atas keinginan sebuah kelompok untuk meningkatkan ekonomi anggota kelompok tersebut dengan bekerja secara bersama-sama. Beberapa motif organisasi diantaranya adalah:

A. Motif Produksi Barang

Suatu perusahaan berupaya memproduksi suatu barang atau jasa dengan harga yang murah dengan mutu yang baik. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan porsi tertentu di dalam pasar secara berkelanjutan.

B. Motif Mencari Keuntungan

Alasan utama suatu perusaan melaksanakan tindakan ekonomi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Dengan adanya keuntungan maka suatu organisasi atau perusahaan dapat melangsungkan kegiatan ekonomi mereka secara berkesinambungan.

C. Motif Menjaga Kontinuitas Perusahaan

Meskipun ada banyak yang membangun perusahaan, akan tetapi tidak semuanya bisa mempertahankan eksistensinya. Hal ini menjadi alasan semua perusahaan untuk selalu berusaha menghasilkan keuntungan secara berkelanjutan sehingga kegiatan perusahaan dapat terus beroperasi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh akihikoakira638 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 19 Jul 22