Bahan pangan yang dipasteurisasi mempunyai daya awet beberapa bulan yaitu.

Berikut ini adalah pertanyaan dari Tirak6719 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Bahan pangan yang dipasteurisasi mempunyai daya awet beberapa bulan yaitu.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pasteurisasi Termal adalah metode pengawetan tertua dan hingga kini masih efektif digunakan untuk membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan dalam produk pangan. Metode ini memanfaatkan proses pemanasan dengan suhu sedang (<100oC) untuk membunuh mikroba. Proses inaktivasi terjadi saat mikroba dalam pangan terkena panas hingga melewati suhu ketahanan panas mikroba tersebut, proses pemanasan ini akan dilanjutkan hingga waktu tertentu untuk memastikan pembunuhan mikroba mencapai minimal 99,999%. Produk pangan yang dapat diawetkan dengan pasteurisasi termal adalah susu, sari buah, saos, madu, produk ready to eat-meals, pickle, selai dan pangan lainnya yang tidak terlalu sensitif terhadap panas sedang.

Pasteurisasi Microwave merupakan metode pasteurisasi yang memanfaatkan gelombang elektromagnetenik pada frekuensi 300 MHZ-300GHZ untuk menghasilkan panas yang dapat membunuh mikroorganisme pada bahan pangan. Kelebihan metode ini adalah proses pemanasan lebih cepat, permukaan produk tidak akan mengalami overheat atau gosong yang mungkin banyak terjadi pada proses pasteurisasi termal, proses pasteurisasi dapat dilakukan pada produk pangan yang telah dikemas dan tidak ada kontaminasi dari hasil sampingan pembakaran. Hampir semua jenis pangan dapat dipasteurisasi dengan microwave, faktor utama yang harus diperhatikan adalah kandungan air dan garam pada bahan pangan, apabila kandungan air dan garam yang dimiliki sangat rendah, proses pasteurisasi akan kurang efektif, bahkan pada bahan pangan dengan kadar air rendah dan kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan pangan dengan cepat menjadi gosong, oleh karenanya pasteurisasi microwave juga perlu memperhatikan karakteristik dari pangan.

Penjelasan:

maaf banget kalo salah

follow ya kalo mau

jadikan jawaban terbaik

terima kasih dan assalamualaikum,wrb

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh maulana44ultra dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 11 Dec 22