Elemen dalam laporan laba rugi

Berikut ini adalah pertanyaan dari karelm224 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Elemen dalam laporan laba rugi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Elemen dalam laporan laba rugi yaitu : pendapatan, beban, keuntungan, dan kerugian.

Pembahasan

Laporan laba rugi adalah suatu laporan keuangan yang di dalamnya menjelaskan tentang kinerja keuangan suatu entitas bisnis dalam satu periode akuntansi. Di dalam laporan ini terdapat informasi ringkas mengenai jumlah biaya-biaya yang dikeluarkan untuk operasional suatu perusahaan serta laba yang didapatkan selama perusahaan tersebut beroperasi.

Di bawah ini penjelasan dari elemen-elemen laporan keuangan :

Pendapatan : merupakan arus masuk atau peningkatan aset lainnya dari suatu entitas atau pengurangan kewajiban (atau gabungan keduanya) selama periode tertentu, yang diperoleh dari penjualan barang, penyediaan jasa atau aktifitas lain yang merupakan operasi utama perusahaan.

 

Beban : arus keluar atau penggunaan aset lainnya atau timbulnya kewajiban (atau kombinasi keduanya) selama satu periode mulai dari penyerahan atau  produksi barang, pemberian jasa atau aktifitas lain yang merupakan operasi utama  perusahaan.

Keuntungan, merupakan peningkatan aset bersih yang berasal dari transakti peripheral atau insidental suatu entitas dan dari transaksi lainnya, kegiatan lainnya, dan keadaan-keadaan yang mempengaruhi entitas tersebut selama satu periode kecuali yang berasal dari pendapatan atau investasi dari  pemilik

Kerugian, penurunan nilai aset bersih yang berasal dari transaksi yang bersifat peripheral atau insidental dari suatu entitas dan dari semua transaksi lain serta dari peristiwa lain dan keadaan-keadaan yang mempengaruhi entitas tersebut selama satu periode kecuali yang termasuk beban atau distribusi kepada pemilik.

Hubungan antara pendapatan, beban, dan laba atau rugi usaha, secara implisit berdasarkan perumusan maknanya, ditentukan oleh persamaan, sebagai berikut  :

Pendapatan - Beban = Laba (Rugi) Bersih

Revenues - Expenses = Net income (losses)

Fungsi dan Tujuan Laporan Laba Rugi

Adapun beberapa fungsi dan tujuan dibuatnya laporan laba rugi adalah sebagai berikut;

1. Untuk memberikan informasi mengenai jumlah total pajak yang harus dibayarkan oleh suatu entitas bisnis.

2. Untuk memberikan informasi mengenai kondisi suatu perusahaan, apakah memperoleh laba atau merugi pada setiap periode akuntansi.

3. Menjadi bahan referensi untuk evaluasi pihak manajemen perusahaan untuk menentukan berbagai langkah yang harus diambil di periode berikutnya.

4. Menjadi sumber informasi mengenai tingkat keberhasilan perusahaan dalam menentukan besaran biaya perusahaan.

5. Membantu proses analisis usaha sehingga dapat mengukur perkembangan suatu entitas bisnis.

6. Menjadi acuan perusahaan dalam upaya pengembangan bisnis bila ingin meningkatkan perolehan laba.

7. Membantu proses analisis strategi perusahaan untuk mengetahui tingkat keberhasilan strategi bisnis yang telah diterapkan sebelumnya dalam mencapai goal perusahaan.

8. Menjadi cerminan profil suatu entitas bisnis bagi calon investor maupun kreditur yang akan melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan tersebut.

Secara umum terdapat dua bentuk laporan laba rugi dalam penyusunan laporan keuangan suatu entitas bisnis, yaitu single step dan multiple step.

1. Single Step

Single step income statement adalah laporan laba atau rugi suatu perusahaan dimana semua pendapatan dan keuntungan yang termasuk unsur operasi berada pada posisi awal laporan laba rugi. Selanjutnya seluruh kewajiban dan kerugian yang termasuk kategori operasi berada di bawahnya.

2. Multiple Step

Multiple step income statement adalah bentuk laporan laba atau rugi suatu dimana di dalamnya terdapat beberapa langkah dalam menentukan keuntungan bersih perusahaan.

Pelajari lebih lanjut

Demikian pembahasan mengenai elemen laporan laba rugi. Untuk mempelajari lebih lanjut dapat dibaca secara lengkap pada link brainly di bawah ini :

1. Materi tentang elemen yang terdapat dalam laporan laba rugi yomemimo.com/tugas/8585944

2. Materi tentang membuat laporan laba-rugi yomemimo.com/tugas/20333921

3. Materi tentang cara menghitung laba/rugi yomemimo.com/tugas/9978624

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Detil Jawaban  

Kelas : X (SMA)  

Mapel : Ekonomi

Bab : Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kode : 10.12.1

Kata kunci : laba rugi, laporan keuangan

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rakhmahsania dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 01 Jun 19