terciptanya kestabilan nilai rupiah terhadap barang dan jasa yang diupayakan

Berikut ini adalah pertanyaan dari ismul4350 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

terciptanya kestabilan nilai rupiah terhadap barang dan jasa yang diupayakan oleh bank sentral diukur dengan atau tercermin pada perkembangan …

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kestabilan nilai rupiah terhadap barang dan jasa yang diupayakan oleh bank sentral diukur dengan perkembangan Inflasi.Perkembangan inflasi merupakanterbentuknya kestabilan nilai tukar rupiah pada barang dan jasa yang dilakukan oleh Bank Central yang dapat diukur.

Pembahasan

Inflasi merupakan peningkatan harga-harga barang secara umum dan terus-menerus sehubungan dengan mekanisme pasar yang dipengaruhi banyak faktor, seperti peningkatan konsumsi masyarakat dan akan terjadi ketidaklancaran dalam melakukan pendistribusian barang. Dan yang paling penting kestabilan pada nilai mata uang dapat dilihat dari besarnya tingkat inflasi yang terjadi dan nilai tukar pada mata uang suatu negara terhadap mata uang asing. Berikut ini adalah penyebab-penyebab terjadinya inflasi pada suatu negara:

  • Adanya tarikan permintaan. Inflasi timbul dikarenakan adanya permintaan masyarakat yang tinggi pada suatu barang atau jasa dan menyebabkan permintaan jadi tinggi dan memicu perubahan harga menjadi mahal.
  • Adanya desakan atau tekanan dalam produksi atau distribusi. Inflasi ini disebabkan dengan adanya dorongan kenaikan biaya produksi dalam jangka waktu tertentu secara terus-menerus. Sehingga barang menjadi langka dikarenakan kelangkaan pada distribusi.
  • Inflasi campuran. Inflasi ini terjadi dipicu oleh akibat dari kenaikan penawaran dan permintaan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara keduanya.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang Infalsipadayomemimo.com/tugas/21518161

#BelajarBersamaBrainly#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh azisriyadi dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 18 Aug 22