apa yang kamu pahami tentang akuntansi

Berikut ini adalah pertanyaan dari frita25 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Apa yang kamu pahami tentang akuntansi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Apa yang kamu pahami tentang akuntansi?

Akuntansi adalah proses pencatatan, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi-transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang membutuhkan dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan dari suatu organisasi atau perusahaan. yang didalamnya berisi informasi keuangan dan kita dapat melihat posisi keuangan suatu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya dalam satu periode tertentu. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang yang sama. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan baik bagi pihak intern maupun ekstern perusahaan.

Peran akuntansi setidaknya meliputi 2 aspek penting yaitu :

  1. Aspek fungsi yaitu penekanan pada Akuntansi adalah sebagai disiplin ilmu yang digunakan untuk menyajikan informasi penting untuk melakukan tindakan efisiensi dan evaluasi. informasi ini digunakan untuk perencanaan dan pengambilan keputusan manajemen serta pertanggungjawaban kepada pihak luar seperti investor, pemerintah dan kreditor.
  2. Penekanan kepada aktivitas dari orang yang melaksanakan sistem akuntansi ini.yaitu mengidentifikasi, memproses, menganalisa dan mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan baik bagi pihak intern maupun ekstern.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fungsi sistem informasi akuntansi dapat dilihat pada link : yomemimo.com/tugas/5565306

Dan untuk mengetahui tentang sejarah akuntansi dapat dilihat pada link berikut ini : yomemimo.com/tugas/2901608

Kode Soal : 12.12.1

Kelas : XII (3 SMA)

Mata Pelajaran ; Ekonomi

Kategori : Akuntansi Sebagai sistem informasi

Kata Kunci : Definisi Akuntansi


Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TRIE23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 27 Nov 18