Hubungan ekonomi normatif dengan administrasi negara??

Berikut ini adalah pertanyaan dari andivifiandriani13 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Hubungan ekonomi normatif dengan administrasi negara??

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Hubungan ekonomi normatif dengan administrasi negara adalah tujuan dari administrasi negara adalah administrasi negara berfungsi melakukan penataan dan pengaturan sistem ekonomi dalam suatu otoritas/pemerintahan agar terwujud efisiensi dalam tata kelola perekonomian. Sedangkan keadaan ekonomi suatu negara menunjukkan indikator keberhasilan penerapan administrasi Negara oleh pemerintah Negara tersebut.

Pembahasan

Hubungan antara ilmu ekonomi dan ilmu administrasi Negara juga terjadi dalam penyusunan anggaran belanja suatu Negara. ilmu ekonomi menentukan para alat administrasi Negara dalam menentukan APBN karena APBN harus dibuat berdasarkan keadaan ekonomi Negara dan kebutuhan-kebutuhan Negara, mulai skala prioritas kecil sampai besar.

Administrasi Negara juga bertujuan untuk mencapai kesejahteraan umum. Kesejahteraan umum sangat berkaitan dengan ekonomi. Ada 7 prinsip manajemen yang biasa digunakan dalam semua organisasi termasuk organisasi pemerintah. fungsi-fungsi manajemen itu adalah P.O.S.D.Co.R.B. dalam Administrasi Negara yaitu :

  1. Planning adalah kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan penyusunan garis-garis besar yang memuat sesuatu yang harus dikerjakan.
  2. Organizing adalah aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan penyusunan struktur yang dirancang untuk membantu pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan.
  3. Staffing adalah pengarahan dan latihan sekelompok orang yang mengerjakan sesuatu tugas, dan memelihara kondisi kerja yang menyenangkan.
  4. Directing adalah pembuatan keputusan-keputusan dan menyatukan mereka dalam aturan yang bersifat khusus dan umum.
  5. Coordinating  adalah kegiatan-kegiatan untuk mempertalikan berbagai bagian-bagian pekerjaan dalam sesuatu organisasi.
  6. Reporting adalah pemberian informasi kepada manajer, sehingga yang bersangkutan dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan kerja.
  7. Budgeting adalah fungsi yang berkenaan dengan pengendalian organisasi melalui perencanaan fiskal dan akutansi.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang yomemimo.com/tugas/17539874

2. Materi tentang kebijakan fiskal yomemimo.com/tugas/3883564

3. Materi tentang manfaat kebijakan moneter dan kebijakan fiskal yomemimo.com/tugas/2002225

-----------------------------------------


Detil Jawaban

Kelas : X (1 SMA)

Mapel : Ekonomi

Bab : Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kode : 10.12.1


Kata kunci : Ekonomi Normatif, Administrasi Negara.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TRIE23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 21 Feb 19