Jelaskan struktur apbn terkait dengan pendapatan dan belanja negara?

Berikut ini adalah pertanyaan dari ZafayaNalaya2088 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan struktur apbn terkait dengan pendapatan dan belanja negara?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

struktur APBNterkait denganpendapatan dan belanja negara adalah Pendapatan negara didapat melalui penerimaan perpajakan dan penerimaan bukan pajak.

PEMBAHASAN

struktur APBN adalah strukutur penyusun APBN yang terdiri dari  pendapatan negara dan hibah, belanja negara, keseimbangan primer, surplus atau defisit anggaran, pembiayaan. APBN dinyatakan surplus apabila jumlah pendapatan lebih besar daripada jumlah belanja.

struktur APBN disusun dalam suatu format yang disebut I-account atau postur APBN.Beberapafaktor penentu postur APBN adalah sebagai berikut:

  • Belanja negara yaitu belanja yang digunakan untuk membiayai kegiatan pembangunan pemerintah pusat, baik yang dilaksanakan di pusat maupun di daerah.
  • Pembiayaan negara, terdiri pembiayaan dalam negeri dan luar negeri. Pembiayaan dalam negeri meliputi pembiayaan perbankan dalam negeri dan pembiayaan non perbankan dalam negeri Sedangkan pembiayaan luar negeri meliputi penarikan pinjaman luar negeri
  • Pendapatan pajak  meliputi Pendapatan pajak dalam negeri dan pajak international
  • Pendapatan negara  yaitu penerimaan perpajakan dan penerimaan bukan pajak. Penerimaan perpajakan untuk APBN berasal dari  kepabean dan cukai, penerimaan pajak, dan hibah. pendapatan negara bukan pajak yaitu pendapatan badan layanan umum /BLU, pendapatan sumber daya alam, pendapatan dari kekayaan negara dan hibah.
  • Penerimaan negara bukan pajak (PNBP) PNBP berasal dari penerimaan sumber daya alam bisa migas dan non migas
  • pendapatan bagian laba BUMN.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ayliyacute dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 08 May 22