Proses menentukan arah kegiatan kantor, dengan cara meninjau kembali faktor-faktor

Berikut ini adalah pertanyaan dari santosoalya2586 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Proses menentukan arah kegiatan kantor, dengan cara meninjau kembali faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan kantor adalah pengertian dari .....

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pengertian dari perencanaan perkantoran adalah proses menentukan arah kegiatan kantor, dengan cara meninjau kembali faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan kantor. Terdapat empat kegiatan lainnya yang ada di kantor dikenal dengan istilah POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling).

Pembahasan:

Moekijat berpendapat bahwa Administrasi Perkantoran adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen pada kantor, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan kantor agar tujuan kantor dapat tercapai dan pegawai-pegawai merasa puas.

Sejalan dengan definisi tersebut, kegiatan pekerjaan di kantor  umumnya terdiri dari kegiatan yang berkaitan dengan:

  • Perencanaan kantor (office planning), adalah proses menentukan arah kegiatan kantor, dengan peninjauan kembali terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan kantor.
  • Pengorganisasian kantor (office organizing), adalah pengaturan berbagai fungsi yang ada dalam organisasi oleh pelaksana yang menjalankan fungsi organisasi
  • Pengarahan kantor (office actuating), adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan agar sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
  • Pengawasan kantor (office controlling), adalah kegiatan yang menjamin agar perencanaan dan sasaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Keempat kegiatan tersebut juga sering disebut dengan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling).

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang apa yang terjadi jika administrasi perkantoran tidak dilaksanakan dengan tertib yomemimo.com/tugas/3134415

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nvrhernas dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 18 Aug 22