Silahkan diskusikan dan berikan contoh tentang lobi dan negosiasi yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari Gloria3050 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Silahkan diskusikan dan berikan contoh tentang lobi dan negosiasi yang pernah kalian lakukan dan termasuk ke dalam jenis apa.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kegiatan lobi yang pernah saya lakukan adalah, saya pernah melobi dosen saya untuk mengulang ujian, karena saat itu saya tidak dapat hadir dikarenakan sakit. Dan untuk negosiasi, saat itu saya menegosiasi dosen saya agar bisa ikut ujian dan tidak masalah jika ujian ulang itu diluar jam perkuliahan.

Pembahasan:

Lobi merupakan sebuah pendekatan yang dilakukan agar terjadi kerjasama antara kita dengan sasaran lobi dan kegiatan melobi adalah suatu bentuk pendekatan yang terjadi dengan tidak resmi. Sedangkan negosiasi merupakan sebuah proses tawar menawar antara kita dengan sasaran lobi untuk dapat mencapai suatu kesepakatan.

Lobi memiliki beberapa karakteristik diantaranya adalah bersifat informal dalam berbagai bentuk kasus, pelakunya juga beragam, dapat melibatkan pihak ketiga sebagai perantaranya, tempat dan waktu yang fleksibel dengan pendekatan yang terjadi satu arah oleh pelobi.

Negosiasi terjadi ketika kita melihat bahwa orang lain yang memiliki atau menguasai sesuatu yang kita inginkan pada saat itu. Kita harus melakukan upaya negosiasi untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dari pihak lain, dan yang memilikinya dan yang juga mempunyai keinginan atas sesuatu hal yang kita miliki.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang perbedaan lobi dan negosiasi dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/84022

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh syubbana2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 14 Feb 23