bagaimana kondisi produk domestik bruto di Indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari filisialindaadella pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Bagaimana kondisi produk domestik bruto di Indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kondisi produk domestik bruto di Indonesia adalah meningkat, hal ini dapat dilihat sepanjang tahun 2018 produk domestik bruto tumbuh sekitar 5,1 %. Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada kuartal I 2018 di level 5,06%. Lalu pertumbuhan lebih meningkat menjadi 5,27% pada kuartal II, dan 5,17% pada kuartal III.  

Pembahasan

Produk domestik bruto atau gross domestic produc merupakan jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat dalam negeri maupun masyarakat luar negri selama kurun waktu satu tahun.

Dengan meningkatnya PDB maka meningkat pula pertumbuhan ekonomi negara. Perekonomian Indonesia saat ini tumbuh semakin solid hal ini terlihat dari PDB yang meningkat cukup tinggi yaitu sebesar 5,27% pada tahun 2018. Pertumbuhan ekonomi didorong oleh permintaan investasi seiring dengan berlanjutnya pembangunan infrastruktur sehingga mendorong tingkat konsumsi swasta, penguatan struktur lapangan usaha yang terus dilakukan melalui kebijakan reformasi struktural akan semakin memantapkan akselerasi perbaikan ekonomi yang berkelanjutan ke arah yang lebih baik lagi.

Perhitungan besarnya nilai PDB dapat dilakukan dengan 2 dasar yaitu

  • Pertama, dengan perhitungan harga berlaku, yaitu harga yang berlaku pada saat tahun tersebut, hal ini digunakan untuk melihat besarnya perkembangan struktur ekonomi riil pada tahun tersebut.
  • Kedua berdasarkan harga konstan, yaitu harga pada waktu-waktu tertentu, perhitungan ini bertujuan untuk melihat pertubuhan ekonomi dari tahun ke tahun sehingga dapat diketahui perkembangannya dari masa ke masa.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang GDP yomemimo.com/tugas/4547155

2. Materi tentang Perbedaan antara GDP dan GNP yomemimo.com/tugas/186160

3. Materi tentang contoh dari GNP dan GDP yomemimo.com/tugas/4977496

---------------------------------


Detil Jawaban

Kelas : XI (2 SMA)

Mapel : Ekonomi

Bab : Pendapatan Nasional

Kode : 11.12.1


Kata Kunci : PDB, Indonesia.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TRIE23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Apr 19