Apakah pembagian fungsi manajemen masih relevan saat ini?

Berikut ini adalah pertanyaan dari sonnyanatsuko7818 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Apakah pembagian fungsi manajemen masih relevan saat ini?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Apakah pembagian fungsi manajemen masih relevan saat ini?

Jawaban :

Untuk fungsi manajemen klasik bagi sebagian perusahaan mungkin sudah tidak relevan, seperti perusahaan-perusahaan teknologi sudah menggunakan manajemen modern atau manajemen ilmiah untuk menjalankan fungsinya sehingga sesuai dengan kebutuhan atas tujuan perusahaan saat ini

Manajemen di definisikan oleh James A. F. Stoner sebagai: proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mnencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan". Berdasarkan hal tersebut manajemen merupakan kerjasama dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengawasan (controlling).

Manajemen modern muncul karena manajemen klasik tidak bisa memecahkan permasalahan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi,  aliran manajemen modern lebih kepada aliran kuantitatif merupakan gabungan dari Operation Research (OR) dan Management Science.

Aliran ini juga memiliki kelemahan karena kurang memberi perhatian kepada hubungan manusia. Oleh karena itu sangat cocok untuk bidang perencanaan dan pengendalian, tetapi tidak dapat menjawab masalah-masalah sosial individu seperti motivasi, organisasi dan kepegawaian. Konsep dari aliran ini sebenarnya sukar dipahami oleh para manajer karena menyangkut kuantitatif sehingga para manajer itu merasa jauh dan tidak terlibat dengan penggunaan teknik-teknik ilmu manajemen yang sangat ilmiah dan kompleks.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang ilmu manajemen dapat dilihat pada link berikut ini : yomemimo.com/tugas/2864063

Dan untuk mengetahui fungsi-fungsi manajemen dapat dilihat pada link berikut ini : yomemimo.com/tugas/5620502

Kode Soal : 10.12.6

Kelas : X (2 SMA)

Mata Pelajaran : Ekonomi

Kategori : Konsep Manajemen

Kata Kunci : Relevan, Fungsi Manajemen.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TRIE23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 19 Dec 18