Jelaskan masalah struktural pertanian di indonesia menurut pendapat setiawan (2003)

Berikut ini adalah pertanyaan dari Lyza8234 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan masalah struktural pertanian di indonesia menurut pendapat setiawan (2003) dan pendapat prof mubyarto pada tahun 1989?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut ini adalah masalah struktural pertanian di Indonesia menurut Setiawan (2003) dan Prof. Mubyarto (1989).

  • Menurut Setiawan (2003), Masalah strukturak yang dialami oleh pertanian di Indonesia yaitu bagaimana mentransformasikan puluhan juta kelompok tani miskin merjinal membawa perubahan ke dalam dunia pertanian yang lebih modern, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup para tani tersebut.
  • Menurut Prof. Mubyarto (1989). Membagi beberapa masalah, yang pertama adalah Jarak waktu yang sangat lebar antara pengeluaran dan penerimaan pendapatan dalam pertanian. Pendapatan petani hanya didapatkan saat mereka panen saja, sedangkan kebutuhan hidup harus berjalan setiap hari. Yang kedua, adanya tekanan penduduk dalam ekonomi pertanian seperti persedian tanah pertanian yang berukuran kecil, bertambahnya pengangguran dan memburuknya hubungan antara pemilik tanah dan petani. Yang ketiga, adanya perbedaan subsistem yakni tujuan bertani hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya saja.

Pembahasan:

Pertanian di Indonesia saat ini masih manjadi fokus utama untuk tetap menjaga ketersedian ketahanan pangan secara Nasional. Jadi perlu perhatian khusus dari pemerintah dalam menangani pertanian, karena ketidakseimbangan dalam sektor pangan dapat menganggu kesejahteraan rakyat.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Pertanian di Indonesiadapat disimak diyomemimo.com/tugas/10607227

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Syubbana dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 07 Aug 22