1. jelaskan apa yang terjadi ketika terjadi pergeseran kurva permintaan

Berikut ini adalah pertanyaan dari AkakAdel3154 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. jelaskan apa yang terjadi ketika terjadi pergeseran kurva permintaan ke kanan?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kurva permintaan adalah suatu grafik yang menggambarkan jumlah barang yang ingin dibeli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu. Dengan adanya pergeseran kurva permintaanke arahkanan, maka yang akan terjadi adalah adanya peningkatan pada jumlah barang yang ingin dibeli oleh konsumen.

Pembahasan

Permintaan adalah tindakan yang dilakukan oleh seorang konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen pada pasar barang dan jasa. Permintaan sendiri adalah jumlah barang yang ingin dibeli oleh konsumen pada tingkat harga dan waktu tertentu. Dalam permintaan, ada yang disebut dengan hukum permintaan. Hukum permintaan menyatakan bahwa jumlah permintaan terhadap suatu barang akan berbanding terbalik dengan harga dari barang tersebut sehingga jumlah permintaan terhadap suatu barang atau jasa akan meningkat ketika harga dari suatu barang mengalami penurunan atau menjadi semakin murah.

Kurva permintaan adalah kurva yang menggambarkan kuantitas barang yang ingin dibeli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu. Garis yang ada pada kurva permintaan ini akan mengalami pergerseran ketika terjadi perubahan pada jumlah barang yang diminta konsumen. Ketika permintaan konsumen meningkat, maka kurva akan bergeser ke arah kanan, sedangkan ketika permintaan konsumen berkurang maka kurva akan bergeser ke arah kiri.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang faktor yang mempengaruhi penawaran dan permintaan yomemimo.com/tugas/271482
  2. Materi tentang contoh kurva permintaan, penawaran, dan keseimbangan yomemimo.com/tugas/34395926
  3. Materi tentang pengertian ceteris paribus yomemimo.com/tugas/87754

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPS

Bab: 5 - Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Kode: 7.10.5

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 07 Aug 22