Sebutkan bentuk pembiayaan dalam rumah tangga produksi

Berikut ini adalah pertanyaan dari david3483 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebutkan bentuk pembiayaan dalam rumah tangga produksi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sebutkan bentuk pembiayaan dalam rumah tangga produksi ?

Jawaban :

Biaya produksi merupakan bagian dari keseluruhan faktor produksi yang dikorbankan dalam proses memproduksi barang atau jasa. biaya produksi dihitung berdasarkan jumlah produk yang siap dijual dan sampai di tangan konsumen.

Komponen penyusunan biaya produksi meliputi beberapa unsur yaitu bahan baku atau bahan dasar, bahan pembantu, upah tenaga kerja, penyusutan peralatan produksi, bunga modal, sewa, pemasaran termasuk biaya penelitian dan analisa produk, biaya angkut dan distribusi, biaya iklan serta pajak perusahaan.

Penggolongan biaya-biaya produksi dapat dikelompokkan menjadi :

  • Biaya tetap (Fixed Cost), yaitu biaya periode waktu tertentu yang jumlahnya tetap.
  • Biaya Variabel (Variable cost),yaitu biaya yang jumlahnya selalu berubah sesuai dengan jumlah yang dihasilkan
  • Biaya total (Total Cost), yaitu biaya keseluruhan dari biaya tetap dan biaya variabel untuk menghasilkan sejumlah produk dalam periode waktu tertentu.
  • Biaya rata-rata (Average Cost), biaya produksi per unit produk yang dihasilkan .
  • Biaya Marginal (Marginal Cost), yaitu biaya tambahan yang digunakan untuk tambahan satu unit produk yang dihasilkan, munculnya biaya marginal ini dikarenakan perluasan produksi yang dilakukan perusahaan, untuk menambah jumlah produk yang dihasilkan.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang macam biaya dalam suatu usaha pertanian dapat dilihat pada link berikut ini : yomemimo.com/tugas/11107565

Dan untuk mengetahui cara menghitung biaya produksi dapat juga dilihat pada link berikut ini : yomemimo.com/tugas/734026

Kode Soal : 12.12.3

Kelas : XII (3 SMA)

Mata Pelajaran : Ekonomi

Kategori : Penyusunan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Jasa

Kata Kunci :  Biaya Produksi, Rumah tangga produksi.


Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh TRIE23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 09 Dec 18