Perencanaan perusahaan biasanya merupakan penerapan dari perencanaan bisnis terhadap uni-unit

Berikut ini adalah pertanyaan dari HdanI2148 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Perencanaan perusahaan biasanya merupakan penerapan dari perencanaan bisnis terhadap uni-unit yang berbeda. Sebelum membuat perencanaan pemasaran, Anda harus memahami terlebih dahulu hubungan perencanaan pemasaran dengan perencanaan perusahaan, coba anda jelaskan dan berikan contoh rillnya pada perusahaan tempat Anda bekerja atau pada perusahaan yang Anda kenal!.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Setiap perusahaan pastinya memiliki sebuah perencanaan yang nantinya akan dilakukan guna mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satunya ialah perencanaan pemasaran, yang mana harus dipahami terlebih dahulu untuk melaksanakan perencanaan perusahaan. Dengan kata lain penyusunan rencana usaha atau perencanaan usaha  secara menyeluruh dilandasi oleh strategi pemasaran.

Sebagai contohnya ialah mengambil dari Perusahaan Danone mengenai Strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Danone Aqua :

1) Strategi menarik konsumen

Berbagai cara dilakukan oleh PT. Danone Aqua Mississippi untuk menarik konsumen sebanyak mungkin, salah satunya dengan cara memberi selogan yang bagus dari semua produk, membuat iklan yang menarik, promosi di setiap pelosok tanah air, dan lain-lain.

2) Strategi mempertahankan pelanggan

Di strategi ini PT. Danone Aqua Mississippi berpendapat bahwa pelanggan itu yang paling penting untuk perusahaan. Tanpa pelanggan atau konsumen, perusahaan tidak akan menjadi seperti sekarang ini.

3) Strategi promosi untuk menguasai pasar

Untuk dapat menjaring pelanggan yang banyak PT. danone Aqua Mississippi menggunakan cara yang paling utama, yaitu promosi melalui iklan-iklan yang berkualitas dan mudah dimengerti, baik iklan di media elektronik maupun di media cetak serta yang lainnya.

4) Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix

Marketing mix merupakan suatu alat marketing yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan marketing dalam pasar target.

Pembahasan:

Strategi PemasaranatauPerencanaan Pemasaran adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan produsen barang atau jasa secara berkesinambungan untuk memenangkan persaingan pasar secara berkesinambungan. Penyusunan rencana usaha secara menyeluruh dilandasi oleh strategi pemasaran.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi pemasaran pada yomemimo.com/tugas/11026573

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 19 Jan 23