Tuliskan cara pengolahan llimbah petai cina​

Berikut ini adalah pertanyaan dari putrayulio167 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Tuliskan cara pengolahan llimbah petai cina​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Limbah petai cina dapat diolah menjadi pupuk organik melalui beberapa cara pengolahan, antara lain:

  1. Kompos: Limbah petai cina dapat dicampur dengan bahan organik lain seperti daun kering atau jerami, kemudian ditumpuk dan dibiarkan selama beberapa minggu sampai terbentuk kompos. Kompos ini dapat digunakan sebagai pupuk organik yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman.
  2. Vermikompos: Limbah petai cina juga dapat diolah menjadi vermi-kompos dengan bantuan cacing tanah. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan limbah petai cina dengan bahan organik lain seperti daun kering atau jerami, kemudian ditambahkan cacing tanah. Cacing akan membantu memecah bahan organik dan limbah petai cina menjadi pupuk organik yang lebih baik.
  3. Fermentasi: Limbah petai cina dapat juga diolah dengan cara fermentasi menggunakan EM4 atau Effective Microorganism 4. EM4 adalah campuran mikroorganisme yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan limbah petai cina dengan EM4 dalam air, kemudian dibiarkan selama beberapa hari sampai terjadi fermentasi. Setelah itu, hasil fermentasi dapat digunakan sebagai pupuk organik.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh yoga2209078 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 26 May 23