Kenapa resiko Pasar dianggap sebagai risiko yang berdampak menyeluruh?

Berikut ini adalah pertanyaan dari mardhiyah6273 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Kenapa resiko Pasar dianggap sebagai risiko yang berdampak menyeluruh?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Resiko pasar dianggap sebagai risiko yang berdampak menyeluruh karena mempengaruhi hampir semua aset keuangan yang terdaftar di pasar modal. Risiko pasar adalah risiko bahwa harga aset keuangan akan berfluktuasi secara negatif akibat faktor-faktor ekonomi, politik, atau perubahan pasar.

Resiko pasar memiliki dampak menyeluruh karena faktor-faktor yang mempengaruhinya tidak terbatas pada satu aset atau sektor tertentu, melainkan dapat mempengaruhi hampir semua aset keuangan yang terdaftar di pasar modal. Hal ini dapat mempengaruhi harga saham, obligasi, mata uang, dan aset keuangan lainnya secara simultan.

Resiko pasar juga dapat mempengaruhi portofolio investor secara keseluruhan. Jika pasar turun, harga aset keuangan dalam portofolio investor juga akan turun, mempengaruhi nilai portofolio mereka secara keseluruhan.

Oleh karena itu, risiko pasar sangat penting untuk diperhatikan oleh investor dan harus dipertimbangkan dalam perencanaan dan pengelolaan portofolio. Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko pasar, seperti diversifikasi portofolio dan mempertimbangkan faktor-faktor ekonomi dan politik yang mempengaruhi pasar.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh DikiAprian1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 30 Apr 23