Jelaskan apa yang menjadi perbedaan utama antara sistem ekonomi pancasila

Berikut ini adalah pertanyaan dari yossagenta7811 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan apa yang menjadi perbedaan utama antara sistem ekonomi pancasila dengan sistem ekonomi kapitalisme dan komunisme?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Sistem ekonomi Pancasila memiliki perbedaan utama dengan sistem ekonomi kapitalisme dan komunisme.

Sistem ekonomi Pancasila didasarkan pada nilai-nilai Pancasila dan kekeluargaan, sedangkan sistem ekonomi kapitalisme didasarkan pada kepemilikan pribadi dan persaingan pasar, dan sistem ekonomi komunisme didasarkan pada kepemilikan bersama dan penghapusan kelas sosial.

Dalam sistem ekonomi Pancasila, pemerintah memiliki peran penting dalam mengatur dan mengawasi kegiatan ekonomi, namun masyarakat juga berperan aktif dalam pembangunan ekonomi. Sistem ekonomi Pancasila juga menekankan pada keadilan sosial dan persaudaraan, serta mengutamakan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, dalam sistem ekonomi kapitalisme, kepemilikan pribadi dan persaingan pasar dianggap sebagai motor penggerak ekonomi, dan pemerintah hanya memiliki peran terbatas dalam mengatur kegiatan ekonomi.

Sedangkan dalam sistem ekonomi komunisme, kepemilikan bersama dan penghapusan kelas sosial dianggap sebagai solusi untuk mengatasi ketidakadilan sosial dan ekonomi.

Dalam kesimpulannya, sistem ekonomi Pancasila memiliki perbedaan utama dengan sistem ekonomi kapitalisme dan komunisme dalam hal dasar filosofis, peran pemerintah, dan tujuan akhir yang ingin dicapai.

Penjelasan:

:()

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh masterilmu11 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 27 Jun 23