Pada penentuan harga, harga dan jumlah barang yang diperjual-belikan di

Berikut ini adalah pertanyaan dari dewiidarna5534 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Pada penentuan harga, harga dan jumlah barang yang diperjual-belikan di pasar harus berdasarkan kurva permintaan dan penawaran. Penentuan harga dan jumlah barang yang diperjual-belikan dalam keadaan keseimbangan dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan grafik (kurva).Jelaskan penentuan harga dan faktor yang mempengaruhi harga berdasarkan kurva kelebihan permintaan dan penawaran dan pergeseran kurva tersebut!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Harga barang ditentukan berdasarkan kurva demand and supply.

Penjelasan :

Case 01 : Demand = Supply

Pada case ini, harga barang akan normal atau standard karena jumlah peredaran barang di pasar sesuai dengan jumlah kebutuhan masyarakat. Dalam case ini, kurva demand and supply akan sejajar atau berada di titik yang sama.

Case 02 : Demand < Supply

Pada case ini, harga barang akan cenderung menurun dikarenakan jumlah pasokan barang terlalu banyak dibandingkan dengan jumlah kebutuhan barang di masyarakat. Sehingga dalam hal ini, kurva demand dan supply akan shifting ke bawah seiring penurunan harga barang.

Case 03 : Demand > Supply

Pada case ini, kebalikan dari case 2 yaitu harga barang akan melambung tinggi karena terjadi kelangkaan pada persediaan barang sehingga jumlah pemasok barang tersebut relatif sedikit. Maka dalam kasus ini, kita bisa gambarkan kurva harga akan cenderung shift ke atas.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh adryanasal dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 25 Jul 23