jelaskan mekanisme transaksi di pasar modal dari pasar primer Sampai

Berikut ini adalah pertanyaan dari mutiatulilmi pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan mekanisme transaksi di pasar modal dari pasar primer Sampai pasar sekunder​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pasar Modal terdiri dari pasar primer dan pasar sekunder. Mekanisme transaksi di pasar modal dapat diterangkan sebagai berikut:

1. Pasar Primer: Pasar primer adalah pasar dimana perusahaan atau emiten baru melakukan penawaran saham pertama kalinya kepada masyarakat. Dalam pasar primer, perusahaan membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnis dan memperluas operasi.

2. Penawaran Umum Terbatas (IPO): Perusahaan menawarkan saham baru kepada masyarakat melalui mekanisme Penawaran Umum Terbatas (IPO). IPO biasanya diproses oleh underwriter yang memastikan bahwa saham tersebut diterima oleh investor yang memenuhi syarat.

1. Penerimaan dana: Setelah IPO selesai, dana yang diterima oleh perusahaan dari penjualan saham baru digunakan untuk berbagai keperluan, seperti memperluas bisnis, membayar hutang, dan lain-lain.

4. Pasar Sekunder: Pasar sekunder adalah pasar di mana saham yang telah diterbitkan dan diperdagangkan di pasar primer diperdagangkan kembali. Dalam pasar sekunder, investor dapat membeli atau menjual saham yang sudah diterbitkan.

5. Transaksi jual beli saham: Dalam pasar sekunder, investor dapat membeli saham dari pemegang saham lain melalui mekanisme jual beli saham. Harga saham ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar.

6. Keuntungan: Investor yang membeli saham di pasar sekunder dapat memperoleh keuntungan dari kenaikan harga saham atau dari dividen yang dibagikan oleh perusahaan.

Itulah mekanisme transaksi di pasar modal dari pasar primer hingga pasar sekunder. Ini adalah cara di mana perusahaan mengumpulkan dana dari masyarakat dan investor dapat membeli dan menjual saham perusahaan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh DikiAprian1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 10 May 23