Diketahui :-Fung permintaanPd=60-3Q-Fungsi penawaran Ps=40+Q-Pajak per-unit t-4Diminta:a) Harga keseimbangan

Berikut ini adalah pertanyaan dari subagjafitto pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Diketahui :-Fung permintaan

Pd=60-3Q

-Fungsi penawaran Ps=40+Q

-Pajak per-unit t-4

Diminta:

a) Harga keseimbangan sebelum pajak

b) Harga keseimbangan setelah pajak

c) Kurva keseimbangan sebelum dan sesudah pajak​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a) Untuk menentukan harga keseimbangan sebelum pajak, kita harus menemukan interseksi dari fungsi permintaan dan penawaran. Dari fungsi permintaan dan penawaran yang diberikan, kita dapat melihat bahwa:

Pd = Ps

60 - 3Q = 40 + Q

Menyelesaikan persamaan ini untuk Q, kita dapat menemukan bahwa Q = 20. Kemudian, dengan menggunakan salah satu dari fungsi permintaan atau penawaran, kita dapat menentukan harga keseimbangan. Misalnya, dengan menggunakan fungsi permintaan, kita dapat menentukan bahwa:

Pd = 60 - 3(20) = 20

Jadi, harga keseimbangan sebelum pajak adalah 20.

b) Untuk menentukan harga keseimbangan setelah pajak, kita harus menambahkan jumlah pajak per-unit ke harga keseimbangan sebelum pajak. Dari data yang diberikan, kita dapat melihat bahwa jumlah pajak per-unit adalah 4. Jadi, harga keseimbangan setelah pajak adalah:

20 + 4 = 24

c) Kurva keseimbangan sebelum pajak adalah garis yang melewati titik (20,20), yang merupakan interseksi dari fungsi permintaan Pd=60-3Q dan fungsi penawaran Ps=40+Q. Kurva keseimbangan setelah pajak adalah garis yang melewati titik (20,24), yang merupakan interseksi dari fungsi permintaan yang sama dan fungsi penawaran yang sama ditambah dengan jumlah pajak per-unit.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh AnswerAiCC dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 14 Apr 23