Kondisi yang dapat memrediksi keinginan karyawan untuk bergabung dalam serikat

Berikut ini adalah pertanyaan dari ruriXlufitasari3580 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Kondisi yang dapat memrediksi keinginan karyawan untuk bergabung dalam serikat kerja!.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Serikat kerjaatauserikat pekerja merupakan  sarana yang berfungsi sebagai penghubung kepentingan antara pihak perusahaan dengan karyawan. Serikat pekerja muncul dilatarbelakangi oleh dampak revolusi industri yang terjadi terhadap gerakan pekerja, perubahan sistem feodalisme dari statis menjadi lebih dinamis, gerakan perkembangan kemanusiaan (Human Movement yang dipelopori Elton Mayo) dan perubahan dalam produksi barang dan jasa yang beralih dari tangan perseorangan ke tangan Industri.

Adapun Kondisi yang dapat memprediksi keinginan karyawan untuk bergabung dalam serikat kerja adalah sebagai berikut:

  • Ingin mendapatkan kondisi kerja yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Ingin mendapatkan haknya secara adil.
  • Melindungi karyawan dari tindakan sewenang-wenang dari para pimpinan dimana tempat mereka bekerja.
  • Ingin mendapatkan peluang atau kesempatan untuk berprestasi dan kepuasan dalam bekerja.
  • Ingin mendapatkan kompensasi yang layak dari pekerjaan yang telah dilakukan.

Pembahasan

Pengertian Serikat Pekerja (Labour Union atau Trade Union)

Secara Umum

Serikat pekerja adalah organisasi para pekerja yang dibentuk untuk mempromosikan atau menyatakan pendapat, melindungi, memperbaiki, melalui kegiatan kolektif, kepentingan sosial, ekonomi dan politik para anggotanya.

Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan pasal 103 tentang bentuk sarana hubungan industrial

Serikat pekerja adalah organisasi yang dibentuk dari, oleh dan untuk pekerja atau buruh baik di perusahaan maupun diluar perusahaan, yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab, guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja atau buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja atau buruh dan keluarganya.

Teori Tentang Gerakan Buruh dan Serikat Buruh

  • Teori Revolusi : menurut teori ini kelas pekerja diciptakan oleh industralisasi dimana sejarah merupakan catatan sebuah perjuangan kelas oleh karena itu teori ini berusaha untuk menciptakan dunia tanpa kelas-kelas dalam masyarakat sehingga memiliki persamaan ekonomi bagi semua orang.
  • Teori Demokrasi Industri : menurut Sydney danBeatrice Webbperkembangan serikat buruh dalam hubungan kerja Industri sejajar dengan pertumbuhan demokrasi dalam pemerintahan.
  • Teori Business Unionism : teori ini lebih mengutamakan aspek ekonomi dibanding aspek politik. Menurut teori ini , karyawan yang bersedia bergabung menjadi anggota serikat buruh dapat diwakili dlam perundingan dan tawar menawar tentang syarat-syarat kerja, kondisi kerja, kontrak kerja dan dalam pengawasan hubungan kerja sehari-hari.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : 8

Mapel : IPS

Bab : 2 - Dinamika Kependudukan dan Pembangunan Nasional Prawacana

Kode : 8.10.2

#AyoBelajar#SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh endahsolutions77 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 13 Feb 23