Jelaskan masalah pokok ekonomi modren beserta contohnya !.

Berikut ini adalah pertanyaan dari JuanaNdasmu6920 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan masalah pokok ekonomi modren beserta contohnya !.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Tiga masalah pokok ekonomi modern:

1. What (Apa & Berapa)?

Pertanyaan apa dan berapa berkaitan dengan aspek pemenuhan kebutuhan, seperti komoditas apa yang harus diproduksi dan berapa banyak komoditas tersebut diproduksi. Masalah pokoknya adalah jenis dan jumlah produk yang harus dihasilkan.

Misalnya, barang apa yang harus diproduksi? apakah akan memproduksi makanan, obat-obatan, buku, dan seterusnya. Tidak mungkin untuk memproduksi semua jenis benda pemuas kebutuhan sesuai jumlah yang diinginkan masyarakat.

2. How (Bagaimana)?

Hal ini berkaitan dengan bagaimana komoditas tersebut diproduksi. Dalam hal ini, harus dipertimbangkan pelaku, faktor-faktor produksi, dan teknik apa yang digunakan. Misalnya harus mempertimbangkan metode atau teknologi apa yang harus digunakan untuk memproduksi suatu barang.

3. For whom (Untuk siapa)?

Pertanyaan selanjutnya yang menjadi pertimbangan adalah untuk siapa suatu produk dihasilkan. Dalam hal ini, masalah pendistribusian menjadi aspek penting yang harus ditata sedemikian rupa, agar produk yang dihasilkan benar-benar tersalurkan dengan tepat dan dapat memenuhi kebutuhan target.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nikmatussadiyah41 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 15 Jan 23