1. Berdasarkan artikel di atas, temukan kelangkaan apa yang terjadi?

Berikut ini adalah pertanyaan dari afiffauzantena1 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. Berdasarkan artikel di atas, temukan kelangkaan apa yangterjadi? Mengapa terjadi kelangkaan tersebut? Jelaskan faktor-

faktor penyebabnya!

2. Amatilah lingkungan kalian berada, temukan persoalan yang

mirip seperti yang terjadi pada artikel di atas? Jelaskan mengapa

kelangkaan tersebut terjadi!

3. Tuliskan pendapat kalian tentang solusi yang dapat mengatasi

masalah tersebut!

4. Tuliskan prediksi yang kemungkinan terjadi di masa mendatang

apabila kelangkaan tersebut terus menerus terjadi!​​
1. Berdasarkan artikel di atas, temukan kelangkaan apa yang terjadi? Mengapa terjadi kelangkaan tersebut? Jelaskan faktor-faktor penyebabnya!2. Amatilah lingkungan kalian berada, temukan persoalan yang mirip seperti yang terjadi pada artikel di atas? Jelaskan mengapa kelangkaan tersebut terjadi!3. Tuliskan pendapat kalian tentang solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut!4. Tuliskan prediksi yang kemungkinan terjadi di masa mendatang apabila kelangkaan tersebut terus menerus terjadi!​​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban: Artikel di atas membicarakan tentang kelangkaan pangan yang tengah terjadi baik di dunia maupun di Indonesia.

Penjelasan:

  1. Kelangkaan yang terjadiadalah kelangkaan pangan. Kelangkaan tersebut terjadi karena penduduk bumi yang terus bertambah sedangkan ukuran bumi yang tidak berubah. Kebutuhan pangan terus meningkat dari segi kuantitas dan kualitas, sedangkan areal perkebunan semakin menyusut.
  2. Lingkungan di sekitar saya berada pun mengalami masalah yang mirip seperti pada artikel di atas. Kelangkaan ini terjadi banyak lahan di lingkungan saya yang dulunya ditanami padi atau kebun singkong/pisang sekarang sudah menjadi perumahan.
  3. Solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah pembatasan izin untuk membuka lahan perumahan. Pemerintah harus lebih ketat dalam memberikan izin untuk membangun perumahan agar lahan yang biasa dipakai untuk berkebun atau menanam sawah tidak dengan mudah berubah menjadi perumahan.
  4. Prediksi yang kemungkinan terjadi di masa mendatang adalah terbatasnya jumlah pangan yang dapat diperoleh manusia. Manusia terancam akan kekurangan pangan (susah makan) di masa depan. Harga pangan akan melonjak tinggi karena jumlahnya yang sedikit sedangkan permintaan (kebutuhan) banyak. Orang-orang akan sulit memperoleh makanan, bahkan anak-anak akan terancam mengalami gizi buruk karena kurangnya pangan yang cukup dan berkualitas.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nulfa924 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Nov 22