Jelaskan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro dari segi cakupan

Berikut ini adalah pertanyaan dari hafidzqistianto3130 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro dari segi cakupan dan beberapa elemen yang terdapat di dalamnya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pengantar Singkat

Dalam mempelajari ekonomi kita dihadapkan dua model ekonomi, yaitu Model Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro.

Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro sendiri adalah ekonomi dengan cakupan yang tidak agregate atau menyeluruh. Dalam ekonomi mikro sendiri membahas tentang individu seperti prefrensi, budget dan lainnya.

Ekonomi Makro

Ekonomi makro adalah ekonomi dengan cakupan yang luas atau agregate. Dalam ekonomi makro membahas tentang pendapatan agregat, kebijakan, perputaran uang yang sifatnya menyeluruh (negara). Bapak dari ekonomi makro sendiri adalah Keynes.

contoh lebih lanjut mengenai elemen didalamnya

Mikro : Indiference Curve, membahas prefrensi dengan mencari MRS atau Marginal rate Subtitution. Budget Line Curve, membahas budget seorang konsumen atas keinginannya (merujuk pada kurva Indiferen).

Makro : Inflasi, Pendapatan Nasional, Perputaran Uang, Agregate Supply dan Demand.

Sekian Terima Kasih.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh MFDhaifullah dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 01 Feb 23