Bagaimana caranya pemerintah memimpin secara demokratis dalam berbagai bidang pembangunan

Berikut ini adalah pertanyaan dari AbdiallahSultan7832 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Bagaimana caranya pemerintah memimpin secara demokratis dalam berbagai bidang pembangunan di negara ini

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Cara pemerintah memimpin secara demokratis dalam berbagai bidang sebagai berikut :

  1. Melalui Kepemimpinan Partisipatif dengan pemerataan kekuasaan.
  2. Melalui Kepemimpinan Kolaboratif dengan tidak mengontrol pihak lain dalam mengambil keputusan
  3. Melalui Manajemen Buku Terbuka dengan pemungutan suara setiap anggota sama penting.
  4. Melalui Pengambilan Keputusan Partisipatif dengan memberi kesempatan anggota tim untuk berpartisipasi

Pembahasan:

Gaya kepemimpinan demokrasi kurang lebih mirip dengan paham politik demokrasi. Kepemimpinan demokratis menuntut pemerataan kekuasaan. Ini berarti bahwa tidak ada  pihak yang mengontrol pihak lain dalam proses pengambilan keputusan. Gaya demokrasi tidak menunjukkan hierarki. Pemimpin yang mengadopsi gaya ini memberikan kesempatan yang sama kepada anggota tim untuk berpartisipasi lebih aktif dalam pengambilan keputusan. Pemungutan suara untuk setiap anggota  sama pentingnya.

Kebebasan bertukar pikiran tanpa dievaluasi. Peran pemimpin adalah untuk memberikan kepemimpinan dan kontrol dalam proses konsultasi. Sampai sekarang, para pemimpin juga bertanggung jawab untuk memutuskan siapa  dalam kelompok yang dapat berkontribusi pada keputusan yang dibuat. Namun, ini tidak berarti bahwa semua keputusan harus  dibuat dalam kelompok. Tergantung pada peran dan tanggung jawab individu, keputusan akhir dapat diserahkan kepada pemimpin saja. Pemimpin dapat diberi wewenang lebih untuk membuat keputusan tertentu dengan persetujuan rekan satu timnya.

Pelajari Lebih Lanjut:

Pelajari Lebih Lanjut mengenai pemerintah secara demoktratis yomemimo.com/tugas/20128032

#BelajarBersamaBrainly#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 22 Aug 22