Jelaskan perbedaan antara sistem ekonomi camluran dan sistem ekonomibdi indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari sepriansah5600 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan perbedaan antara sistem ekonomi camluran dan sistem ekonomibdi indonesia yang menggunakan demokrasiekonomi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Ekonomi campuran adalah ekonomi yang dihasilkan dari campuran sistem kapitalis dan sosialis (pasar bebas dan terpusat). Melalui sistem ini, pemerintah dan swasta atau swasta bekerja sama untuk menciptakan pasar yang lebih adil. Sistem ekonomi Indonesia adalah ekonomi Pancasila, artinya sistem ekonomi Indonesia adalah sistem ekonomi campuran berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Menurut sistem ini, Indonesia menganut sistem pasar yang beretika dimana pemerintah melakukan intervensi untuk mengatur dan memantau perekonomian, sehingga tidak terjadi kecurangan oleh pelaku ekonomi, dalam hal ini pengusaha, dan persaingan usaha menjadi lebih sehat.

Pembahasan

Dalam sistem ekonomi Pancasila, pemerintah juga merupakan agen ekonomi. Berdasarkan Pasal 33 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pemerintah menjadi entitas ekonomi dalam bidang korporasi dan menguasai hajat hidup orang banyak. Tujuannya untuk mencegah monopoli swasta yang merugikan konsumen, dalam hal ini masyarakat. Ini sangat berbeda dengan sistem pasar bebas Amerika, di mana intervensi pemerintah minimal atau tidak ada sama sekali, meninggalkan potensi praktik persaingan tidak sehat untuk bisnis monopoli tidak bisa dihindari.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang sistem ekonomi yomemimo.com/tugas/3325436

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 28 Nov 22